Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Innalillahi, Mantan Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan Meninggal Dunia
Oleh : Redaksi
Jumat | 02-12-2022 | 15:32 WIB
ferry_musrydian_b1.jpg Honda-Batam
Almarhum mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan (Foto: BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan meninggal dunia. Kabar itu disampaikan oleh mantan Ketua Umum PB HMI Arief Rosyid.

"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah Kanda Ferry Mursyidan Baldan (Ketum PB HMI 1990-1992), pada hari ini di Jakarta. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu. Semoga diampuni segala dosa-dosanya," tulis Arief Rosyid di akun Instagramnya, Jumat (2/12/2022).

Kabar meninggalnya Ferry Mursyidan Baldan tersebut dibenarkan Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim. "Iya, benar. Beliau orang baik," katanya

Politikus Partai NasDem lainnya M. Farhan juga membenarkan kabar tersebut. "Kami masih menunggu kabar jenazah tiba di rumah duka untuk memastikan," kata dia.

Ferry Mursyidan Baldan ditemukan meninggal dunia dalam mobil di parkiran Hotel Bidakara Jakarta siang tadi. Jenazah Ferry disemayamkan di rumah duka, Jalan Anggrek Cenderawasih, Slipi, Jakarta.

"Selepas Jumatan, pihak keluarga mendapat kabar dari pihak hotel, bahwa Pak Ferry ditemukan meninggal dunia di dalam mobil di basement," kata Ketua RT 01/03 Kemanggisan, Palmerah, Topan, di rumah duka.

Topan mengatakan, Ferry sebelumnya memang tengah mengikuti kegiatan Palang Merah Indonesia di hotel tersebut.

"Kemarin, memang almarhum sebelumnya mengikuti acara PMI. Lalu istirahat di sana dan rencananya hari ini akan melanjutkan kegiatan ke Bekasi," kata dia.

Namun, lanjut dia, istri Ferry tidak bisa menghubungi suaminya sejak tadi malam. Hingga tiba-tiba pihak hotel mengabarkan kabar duka.

Ferry Mursyidan Baldan lahir pada 16 Juni 1961 di Jakarta. Gelar sarjana ia dapatkan dari FISIP Universitas Padjadjaran pada 1988. Selama kuliah, ia aktif di berbagai organisasi antara lain lewat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Badko, Jawa Barat kemudian menduduki jabatan Ketua Umum PB HMI periode 1990-1992.

Selepas kuliah, Ferry menjadi peneliti Lapangan Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Bandung. Dia kemudian terjun ke politik lewat Partai Golkar.

Semasa di Golkar, Ferry menjadi anggota DPR pada periode 1999-2009. Saat menjadi anggota DPR, ia pernah duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar dan Ketua Pansus RUU Pemilu Legislatif yang menghasilkan UU Pemilu untuk Pemilu 2004.

Ia pernah menjadi Sekjen DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) pada periode 1998-2003 dan terpilih sebagai Ketua DPP Kosgoro (1994-1999). Ferry Mursyidan Baldan juga pernah menjabat Ketua IKA Unpada Periode 2008-2012

Ferry kemudian bergabung ke Partai NasDem. Ia menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Nasional Demokrat. Setelah itu, Ferry diangkat menjadi Menteri ATR/Kepala BPN pada Oktober 2014.

Dua tahun berselang, Ferry di-reshuffle dari Kabinet Kerja Presiden Jokowi-Wapres Jusuf Kalla. Pada 2018, Ferry juga sempat bergabung dalam tim pemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Editor: Surya