Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

K3 Tanjungpinang Gelar Festival Kopi Merdeka, Ini Rangkaian Kegiatannya
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 19-08-2022 | 17:46 WIB
festival-kopi-merdeka1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Panitia Festival Kopi Merdeka Tanjungpinang. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komunitas Kedai Kopi (K3) Tanjungpinang akan menggelar Festival Kopi Merdeka Agustus 2022 mendatang. Festival Kopi Merdeka akan berlangsung selama dua hari, 20-21 Agustus, di sekitaran Jalan Merdeka.

Festival Kopi Merdeka sendiri bakal diisi berbagai macam kegiatan, seperti stand bazar, fashion show, pergelaran dari sanggar-sanggar kesenian dan masih banyak lainnya.

Inisiator Festival Kopi Merdeka, Joko Yuhono, yang merupakan Kajari Tanjungpinang, mengatakan Festival Kopi Merdeka ini diadakan karena butuh trigger (pemicu) terhadap pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Tanjungpinang.

"Jadi kita harus memiliki kegiatan yang bisa trigger perekonomian. Nah, saya pada saat itu berpikiran bahwa kita ini perlu adanya festival. Terus saya memilih isu kopi karena kopi ini merupakan yang disukai oleh semua kalangan," ujar Joko, Jumat (19/8/2022).

Apalagi, ujar Joko kopi sudah menjadi kultur atau gaya hidup masyarakat Tanjungpinang. Alasan yang kedua ingin membangun brand baru terhadap Jalan Merdeka yang dulunya sangat terkenal.

"Jalan Merdeka ini kan jalan yang legendaris, dulu sangat terkenal sekali tetapi dengan ada perubahan zaman jadi agak sepi sekarang. Inilah saatnya kita membangun jadi brand baru karena ini pak gubernur sudah melakukan renovasi mulai warna-warni," jelas Joko.

Sementara Husnizar Hood, salah seorang seniman Kepri, mengungkapkan, Festival Kopi Merdeka akan dibuka besok dengan berbagai kegiatan, seperti olahraga tenis meja jalanan yang diinisiasi oleh kawan-kawan Persatuan Tenis Meja, juga ada senam sehat di pagi hari. Kemudian, fashion show yang lagi trend di mana-mana yang dimulai pukul 16.00 Wib sore.

"Fashion itu besok untuk kategori anak-anak, kemudian malamnya kita akan mengikuti juga catwalk dari para tamu-tamu para undangan para tokoh dan juga pejabat yang akan melintasi karpet merah juga mencoba itu nanti meskipun tidak dilombakan mereka hanya foto-foto yang akan nanti dilombakan oleh para komunitas fotografer," jelasnya.

Husnizar melanjutkan, untuk puncak acaranya akan berlangsung pada pukul 20.45 Wib, dengan penampilan dari beberapa grup band.

"Artinya, hampir mulai siang hingga malam akan terisi oleh pertunjukan dari berbagai komunitas dan kelompok. Malam keduanya hampir sama kita akan adakan lagi dari artis-artis lokal grup band dan juga pergelaran dari sanggar kesenian termasuk juga dari para karnaval fashion yang menggunakan pakaian besar itu juga akan mengisi di sini tapi yang paling penting pertunjukan kesenian itu hanya menjadi daya tarik untuk orang berkunjung di sini yang diisi oleh 45 stand," lanjutnya.

Terakhir, Joko Yuhono menegaskan, bahwa kegiatan ini murni dari Komunitas Kedai Kopi (K3) berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat seniman dan budayawan.

"Penyelenggaranya itu K3, berkolaborasi dengan berbagai macam elemen ada sanggarnya terus ada berbagai macam seniman, budayawan. Jadi sekali lagi saya tegaskan bahwa ini bukan dari Pemko Tanjungpinang, tapi penyelenggaranya ini adalah K3," tegas Joko.

Editor: Yudha