Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tradisi Bakar Batu di Lanny Jaya, Perkuat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Papua
Oleh : Redaksi
Jumat | 19-08-2022 | 09:36 WIB
bakar_batu-lanny-jaya-01.jpg Honda-Batam
Ritual bakar batu yang digelar oleh Satgas Yonmek 203/Arya Kemuning bersama masyarakat di Desa Umbana menjadi penanda jika kemanunggalan TNI dan rakyat di Tanah Papua kian kental. (Ist)

BATAMTODAY.COM, lanny Jaya - Pelaksanaan ritual bakar batu oleh Satgas Yonmek 203/Arya Kemuning bersama masyarakat di Desa Umbana, Kabupaten Lanny Jaya, menjadi penanda jika kemanunggalan TNI dan rakyat di Tanah Papua kian kental.

Ritual bakar baku itu, juga turut dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat yang terdiri dari tokoh adat, tokoh agama dan toko pemuda di Desa Umbana.

Dansatgas Yonmek 203/Arya Kemuning, Mayor Inf Achmad Zacky, mengatakan, upacara bakar batu itu dilakukan dengan harapan terwujudnya semangat gotong royong dan kebersamaan antara Satgas dan masyarakat Lanny Jaya Papua.

"Kegiatan ini merupakan bukti nyata jika Satgas Yonmek 203/AK diterima dengan baik oleh masyarakat," ujar Dansatgas. Kamis (18/8/2022).

Terpisah, Jacob --tokoh masyarakat Desa Umbama, mengaku sangat sangat mengapresiasi dan berterima kasih dengan adanya keterlibatan Satgas pada acara tersebut.

Pasalnya, bakar batu yang sudah menjadi tradisi masyarakat di Tanah Papua mendapat dukungan dari pihak Satgas.

"Keberadaan Satgas, sangat membantu masyarakat di Desa kami. Kami berharap, kerukunan dan kebersamaan ini bisa terus terjalin dengan baik," Jacob.

Editor: Gokli