Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'

Peringatan HUT RI ke-77, Pemko Batam Gelar Pawai Pembangunan
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 14-08-2022 | 17:32 WIB
rudi_pawai_pembangunan.jpg Honda-Batam
Acara Pelepasan Pawai Pembangunan Kota Batam, di dataran Engku Hamidah, Batam Center, Kota Batam Minggu (14/8/2022) (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam menggelar pawai pembangunan dengan kendaraan hias di Dataran Engku Hamidah, Batam Center, Minggu (14/8/2022).

Pawai pembangunan dengan tema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' ini juga sekaligus Pawai Budaya, yang juga merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-77 tingkat Kota Batam.

Pawai pembangunan dilepas oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina, dan dihadiri oleh Walikota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad serta sejumlah Forkopimda kota Batam.

Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan, bahwa kemerdekaan adalah perjuangan dari para pahlawan yang harus diisi dengan pembangunan yang baik. Untuk itu ia mengajak semua elemen masyarakat Batam agar bersatu mensukseskan pembangunan.

"Dalam mengisi kemerdekaan saya titip kepada kita semua. Pembangunan ekonomi menjadi nomor satu sehingga Batam dan Indonesia semakin hebat," ajak Rudi

Rudi menjelaskan, pawai pembangunan kali ini dirasa istimewa, dengan dukungan dari semua Forkopimda Kota Batam, selain itu kehadiran Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, menjadi warna tersendiri bagi tamu yang hadir dalam acara tahunan tersebut.

Pawai tersebut juga disisi dengan ragam budaya dari seluruh Indonesia. Agar lebih meriah, acara tersebut juga turut dimeriahkan artis jebolan Bintang Pantura, Anna Zivana.

"Batam ini miniatur Indonesia, inilah Batam dan Kepri. Jika semua ini bersatu, maka pembangunan Kota Batam dalam rangka mengisi kemerdekaan akan mudah diselesaikan," jelas Rudi.

Senada, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan, semaraknya kegiatan ini merupakan bentuk kebersamaan dan respon dari seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya, keberagaman menjadi modal yang kuat untuk mewujudkan pembangunan yang lebih maju lagi. Dalam kesempatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Amsakar mengajak semua pihak untuk andil dengan memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara.

"Ini menandakan masyarakat kita, merasa Batam adalah rumah bersama untuk dibangun bersama. Heterogenitas dan multikulturalisme bila dikelola dengan baik dan penuh kesadaran, niscaya akan menjadi kekuatan. Hal ini berjalan dengan baik di kota Batam," ucap Amsakar Achmad.

Sementara Ketua Panitia Yusfa Hendri dalam laporannya mengatakan, pawai tersebut terselenggara guna meningkatkan rasa cinta Tanah Air dan wujud sukacita atas kemerdekaan Republik Indonesia.

Tidak hanya diikuti seluruh paguyuban dari seluruh Indonesia yang ada di Kepri. Pawai ini juga diikuti perwakilan Forkompinda, Ormas, Dekranasda, Organisasi wanita, OPD dan alemen masyarakat.

"Peserta pawai sebanyak 7.616 orang, tapi melihat antusias hari ini kita rasa lebih dari itu. Selain itu, sebanyak 120 kendaraan hias dari Forkompinda, OPD, kecamatan, hingga kelurahan dan berbagai pihak, ikut ambil bagian dalam pawai pembangunan kali ini," kata Yusfa Hendri.

Editor: Surya