Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

HUT RI ke-77, Satpolairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar
Oleh : Freddy
Kamis | 11-08-2022 | 19:52 WIB
bendera-pulau-terluar1.jpg Honda-Batam
Satpolairud Polres Karimun bersama Basarnas Karimun kibarkan bendera merah putih di Pulau Takong Hiu. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-77, Satpolairud Polres Karimun bersama Direktorat Polairud Polda Kepri dan bersama Basarnas Karimun kibarkan bendera merah putih di pulau terluar Indonesia, Kamis (11/8/2022).

Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir menjelaskan Pulau Takong Hiu Besar merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Malaka dan merupakan wilayah dari Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau ini tidak berpenduduk, untuk dapat mencapai pulau ini Direktorat Polairud Polda Kepri dan Sat Polairud Polres Karimun bersama Basarnas Karimun menggunakan 3 unit kapal dengan masing-masing kapal terdiri dari,1 Unit KP Barelang Ditpolairud Polda Kepri, 1 unit KP XXX-30-1002 milik Satuan Polairud Polres Karimun dan 1 unit RIB SAR Satpolairud Polres Karimun dan memerlukan waktu satu jam perjalanan dari Kabupaten Karimun untuk mencapai pulau tersebut.

"Tidak mudah kami untuk bersandar di Pulau Tokong Hiu Besar ini karena pulau ini tidak memiliki dermaga dan besarnya batuan karang. Dipastikan bakal menghalangi kapal untuk mendekat," terangnya.

Namun hal itu tidak menghalangi semangat untuk tetap mengibarkan bendera merah putih sebanyak 50 buah.

"Pemasangan bendera di pulau terluar merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap pahlawan yang telah memperjuangan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia," tutup Binsar.

Editor: Yudha