Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Batu Miring di Gunung Lengkuas Malah Bikin Rumah Warga Banjir
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 09-08-2022 | 18:14 WIB
pembangunan-batu-miring1.jpg Honda-Batam
Pengerjan proyek drainase batu miring di Gunung Lengkuas, Bintan. (Syajarul/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pembangun batu miring di kawasan RT 01/ RW 03 Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur membuat bencana bagi masyarakat sekitar. Pasalnya proyek yang diduga aspirasi anggota DPRD Bintan ini memicu terjadinya banjir.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, proyek yang dikerjakan kontraktor CV Duta Jaya, dengan anggaran Rp 169 Juta itu membuat sempit alur air. Bahkan proyek yang masih seumur jagung itu, sudah mengalami longsor.

Sementara warga sekitar mengatakan hujan beberapa waktu lalu yang turun dengan durasi sekitar 3 jam sudah membuat warga susah. Parit yang saat ini ada tidak mempu menampung debit air, sehingga meluap dan masuk ke rumah.

"Sejak parit itu dibenahi, kami yang dekat paling terasa dampaknya. Hujan kemarin membuat air pada masuk, bahkan masjid yang gak pernah masuk air, ikut ikut digenangi air," sebut Da'i saat ditemui di KM 20 Kijang, Selasa (9/8/2022).

Sangat disayangakan, sebelum di aksanakan pengerjaan tidak ada koordinasi dengan warga sekitar. Padahal selama ini warga yang giat melaksanakan gotoroyong membenahi drainase atau parit parit yang ada.

"Lucu juga, proyek dengan anggaran negera ratusan juta dikerjain tanpa perhitungan yang matang. Jadi terkesan asal jadi, sehingga dampaknya pun ke kami," kata Da'i.

Harusnya setelah dilakukan pembenahan, masyarakat lebih terasa aman saat hujan. Bukan justru ketakutan rumahnya kemasukan air.

"Kami harap pihak pihak terkait, perhatikan lagi soal masalah yang menjadi momok warga ini," harapnya.

Sementara Lurah Gunung Lengkuas, Waliyar Rachman mengaku tidak mengetahui adanya pembangunan di wilayah kerjanya. Pasalnya sejauh ini tidak ada yang koordinas terkait pembangunan, yang dikabarkan merupakan aspirasi dari salah satu anggota DPRD Bintan itu.

"Kami malah tidak tahu ada pengerjaan drainase di sini, tadi memang ada warga yang menyampaikan hal tersebut, besok saya akan tinjau langsung kelokasi," timpal Waliyar.

Editor: Yudha