Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

55 Peserta Perwakilan Perusahaan Ikuti Pemagangan Dalam Negeri di Bintan
Oleh : Harjo
Jumat | 05-08-2022 | 12:16 WIB
PPDN-Bintan.jpg Honda-Batam
Pembukaan Pemagangan Dalam Negeri di Wisma PT BIIE Lobam, Jumat (5/8/2022). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sejumlah perusahaan di Kawasan Industri Lobam (KIB) dan Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti Pemagangan Dalam Negeri yang berlangsung di Wisma PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Lobam, Jumat (5/8/2022).

Koordinator Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Kepri, Jon Herry, mengatakan Pemagangan Dalam Negeri ini sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu di Kepri.

Untuk mendukung pemagangan ini, mentor pemagangan di Bintan telah dilatih dan disertifikasi selama sepekan, yang dimulai 6-11 Juni 2022. Hasilnya, 15 mentor pemagangan yang kompeten dan terampil di Bintan berhasil ditempa.

"Pemagangan ini amanat dari Permenaker nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri. Program pemagangan dapat dijalankan secara mandiri maupun bersama Disnaker. Dalam kesempatan di tahun 2022 ini, Perusahaan-perusahaan di Bintan menjalankan pemagangan bersama dengan Disnakertrans Kepri," jelas Jon Herry.

Pemagangan Dalam Negeri sangat perlu dilaksanakan untuk menangani berbagai dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19, yang sudah melanda sejak 2 tahun belakangan ini. Pemagangan adalah solusi untuk mengatasi minimnya calon tenaga kerja yang berkompeten di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang ada, karena secara umum di bangku pendidikan formal yang dominan hanya mendapatkan softskill berupa teori ilmu pengetahuan, bukan ilmu pegetahuan praktis.

Sementara itu, Asisten GM PT BIIE, Alan Leow, menyampaikan perusahaan-perusahaan yang ada di Bintan sangat mendukung program dari pemerintah, dengan menjalankan program pemagangan yang disejalankan dengan program CSR perusahaan.

Disampaikannya, perusahaan yang telah mengikuti program pemagangan di antarnaya dari PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), PT Bionesia Organic Foods, PT Pepperl & Fuchs, PT Singatac Bintan, PT Bintan Resorts Cakrawala, PT Alam Indah Bintan (Nirwana Gardens), PT BBH Investment (Sanchaya) dengan total 55 peserta dan sebanyak 76% atau 42 peserta berasal dari Bintan.

"Program pemagangan dilaksanakan selama 5 bulan di mana peserta magang akan mendapatkan uang saku, asuransi, pakaian magang, dan perlengkapan lainnya sesuai jenis program magangnya," terangnya.

Dari program ini diharapkan akan lahir putra putri Bintan yang kompeten, berdaya saing tinggi, karena para peserta dilatih langsung oleh mentor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. "Sangat besar harapan kami, di Bintan untuk tahun depan tetap akan ada program pemagangan seperti ini, serta program-program sertifikasi mentor. Sehingga koordinator pemagangan untuk menambah jumlah mentor-koordinator yang kompeten di perusahaan, serta meningkatkan minat partisipasi program pemagangan di Bintan ke depannya," harapnya.

Turut hadir dalam pembuakan Program Pemagangan Dalam Negeri di Wisma BIIE Lobam, Kadisnaker Bintan, Ii Santo dan perwakilan tenant dari Kawasan BIE dan Lagoi.

Editor: Gokli