Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas PMK dan Polres Bintan Vaksinasi 288 Ekor Sapi
Oleh : Syajarul Rusydi
Rabu | 03-08-2022 | 09:36 WIB
A-VAKSIN-SAPI-BINTAN.jpg Honda-Batam
Petugas Satgas PMK saat melakukan vaksinasi sapi di Bintan. (Foto: Syajarul Rudysi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Bintan, Polres Bintan bersama Satgas PMK Kabupaten Bintan melaksanakan vaksinasi terhadap sapi bibit, Senin (1/8/2022).

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan, sampai saat ini di kabupaten Bintan belum ada sapi ternak yang terserang PMK. Namun untuk mengantisapi penyakit tersebut, pihaknya tetap melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak.

Tujuannya, agar para peternak sapi yang ada di Kabupaten Bintan tidak khawatir hewan piaraan mereka akan tertular PMK.

Kegiatan vaksinasi PMK tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Senin dan hari Selasa di awal bulan Agustus ini. Total target hewan sapi bibit sebanyak 288 ekor.

Jumlah sapi yang sudah divaksin pada hari Senin sebanyak 150 ekor dari 184 ekor yang ditargetkan. Sisanya akan dilaksanakan hari ini. "Saat ini tim masih di lapangan" ungkap AKBP Tidar.

Dalam melaksanakan vaksinasi tersebut, petugas mendatangi lokasi kandang masyarakat. Lalu, bersama pemiliknya kemudian dilakukan vaksinasi.

"Bagi peternak sapi bibit yang belum mendaftarkan atau yang belum terdata pada satgas PMK, agar segera melaporkan kepada petugas satgas untuk dilakukan vaksinasi agar hewan peliharaannya terhindar dari penyakit PMK," papar AKBP Tidar mengakhiri.

Editor: Dardani