Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelosi Mendarat di Taipei, Pasukan China Umumkan Latihan Perang di Dekat Taiwan
Oleh : Redaksi
Rabu | 03-08-2022 | 08:20 WIB
A-PALOSI-DI-TAIWAN_jpg2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPR AS Nancy Pelosi saat mendarat di Taipei Taiwan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Taipei - Setelah berbagai spekulasi beredar, Ketua DPR AS Nancy Pelosi akhirnya benar-benar melakukan kunjungan ke Taiwan pada Selasa malam (2/8/2022) waktu setempat. Mengabaikan serangkaian peringatan dari pemerintah China sebelumnya.

Menanggapi kunjungan tersebut, CCTV dalam laporannya menyebutkan, pasukan China menggelar latihan militer di lepas pantai Taiwan.

"Zona Timur Komando Tempur PLA secara konsisten melakukan serangkaian operasi militer gabungan di sekitar pulau Taiwan," isi lapor CCTV beberapa jam setelah Pelosi tiba di pulau itu.

Pelosi tidak peduli dengan peringatan Beijing agar tidak mencoba mengunjungi wilayah yang diakui sebagai bagian integral dari China itu.

Juru Bicara kementerian Pertahanan Wu Qian telah telah berulangkali mengatakan bahwa China dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menggagalkan campur tangan eksternal dan upaya separatis 'kemerdekaan Taiwan'.

"Tentara Pembebasan Rakyat China dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan untuk melawan ini," kata Wu Qian, seperti dikutip dari RT.

Dalam pernyataan terpisah, Komando Teater Timur China mengumumkan latihan militer bersama di lepas pantai Taiwan yang meliputi penembakan langsung di Selat Taiwan dan peluncuran uji coba rudal di laut timur Taiwan. Latihan akan dimulai Rabu pagi (3/8/2022), seperti rekaman yang diedarkan oleh CCTV China.

Tidak jelas apa sebenarnya "operasi militer yang ditargetkan" itu dan apakah mereka terpisah dari serangkaian latihan yang diumumkan oleh Komando Teater Timur.

"Kedatangan Pelosi merusak perdamaian dan stabilitas di seberang Selat Taiwan, dan mengirimkan sinyal yang sangat salah kepada pasukan separatis untuk 'kemerdekaan Taiwan,'" rilis pernyataan Kementerian Luar Negeri China

Taiwan sebenarnya tidak terdaftar di antara tujuan resmi untuk tur Asia Pelosi, termasuk Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang.

Sementara AS bereaksi dan meningkatkan kehadiran militernya di dekat Taiwan. USS Ronald Reagan Carrier Strike Group saat ini berlayar ke perairan tenggara Taiwan.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani