Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dansat Tutup Pendidikan Dasar Keprajuritan Bintara dan Tamtama XLII 2022 di Tanjunguban
Oleh : Harjo
Rabu | 06-07-2022 | 18:00 WIB
diskar-bintara-tamtama1.jpg Honda-Batam
Dansatdik-1, Kolonel Laut (P) Slamet Nurdiharto, pimpin penutupan Pendidikan Dasar Keprajuritan Siswa Bintara dan Tamtama Angkatan XLII T.A 2022. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dansatdik-1, Kolonel Laut (P) Slamet Nurdiharto, pimpin penutupan Pendidikan Dasar Keprajuritan Siswa Bintara dan Tamtama Angkatan XLII T.A 2022 Satdik-1 Kodiklatal di Lapangan Hang Tuah, Komplek TNI AL Tanjunguban, Rabu (6/7/2022).

"Atas segala limpahan dan karunia Allah SWT, hari ini kita dapat melaksanakan penutupan pendidikan dasar keprajuritan siswa Bintara dan Tamtama angkatan XLII T.A 2022 Satdik-1 Tanjunguban," ujar Kolonel Laut (P) Selamet Nurdihanto dalam amanatnya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pengasuh, pelatih dan instruktur dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kepada para siswa Dikmaba, Dikmata di tingkat pendidikan dasar.

Dia menjelaskan, pendidikan dasar adalah awal dari pembentukan karakter para siswa dari masyarakat sipil menjadi militer. Dalam kurun waktu 3 bulan, mampu melaksanakan tuntutan tugas yang diemban oleh pimpinan TNI AL.

"Dengan selesainya pendidikan dasar keprajuritan ini, siswa sudah mengalami perubahan karakter dari sikap sipil menjadi perilaku militer. Selanjutnya kegiatan fisik akan berkurang tetapi kesehatan dan kesamaptaan jasmani harus selalu terpelihara dan terjaga," harapnya.

Dia meminta, agar seluruh siswa mengembangkan dan memperdalam semua pelajaran yang sudah diperoleh di pendidikan dasar keprajuritan. Karena akan tetap dipakai seterusnya sampai para siswa bertugas dan berdinas.

Usai rangkaian upacara, dilanjutkan demo ketangkasan oleh siswa Dikmaba, Dikmata Angkatan XLII Tahun 2022 Satdik-1 Kodiklatal di Tanjunguban. Serta sebelumnya juga diawali dengan penanggalan tanda siswa, yang diwakili oleh perwakilan Dikmaba siswi Yanti B4.24 dan Dikmata siswa Johan Duha T2.10.

Hadir dalam upacara tersebut, Wadan Satdik-1, Kolonel Mar Bambang Ardiantoro, Danseba Satdik-1, Letkol Laut (P) Kusumo Atmojo, Danseta Satdik-1, Mayor Mar Joko Susilo dan para Kadep dan Personil Satdik-1

Editor: Yudha