Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal TBK Beri Pemahaman Keselamatan dan Batas Negara kepada Nelayan
Oleh : Freddy
Rabu | 29-06-2022 | 19:36 WIB
kamsomar-lanal-TBK1.jpg Honda-Batam
kegiatan komunikasi sosial maritim (Kamsomar) dan Pelatihan Reformasi Birokrasi bidang pelayanan Publik (Yanlik) tahun 2022 Lanal TBK. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut ( P) Joko Santosa membuka kegiatan komunikasi sosial maritim (Kamsomar) dan Pelatihan Reformasi Birokrasi bidang pelayanan Publik (Yanlik) tahun 2022 di Mako Lanal TBK, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan Kamsomar dan Yanlik yang dilaksanakan Lanal Tanjungbalai Karimun mengikutsertakan puluhan nelayan di Kabupaten Karimun dengan tujuan agar meningkatkan komunikasi antara TNI AL, aparatur pemerintah daerah, dan masyarakat nelayan.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santoso dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan Kamsomar dan Yanlik merupakan bagian dari program kerja Spotmar Mabesal dan Lanal Tanjungbalai Karimun dengan tujuan untuk mempererat hubungan baik dan menjalin hubungan silaturahmi serta dapat menciptakan hubungan sinergitas diantara TNI AL, aparatur pemerintah dengan masyarakat kemaritiman.

Lanjut Danlanal TBK, dan ini merupakan salah satu tugas pokok TNI AL adalah melaksanakan pembinaan wilayah pertahanan laut ,salah satunya dengan cara melalui komunikasi sosial masyarakat maritim.

Menurutnya, sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan khususnya yang ada di Kabupaten Karimun terkait keselamatan di laut dan mengetahui batas-batas laut Negara Kesatuan Republik Indonesia, apalagi Kabupaten Karimun berbatasan langsung dengan negara yang tidak menutup kemungkinan terjadinya pelanggaran batas wilayah.

"Saya sangat yakin kita semua memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan Kabupaten Karimun maju dan sejahtera. Menjadikan komunikasi sosial ini sebagai sarana menjalin dan membangun sinergitas guna menyelesaikan masalah bersama," pungkasnya.

Pada kegiatan ini, Lanal Tanjungbalai Karimun membagikan sembako dan life jaket kepada puluhan nelayan yang hadir.

Emi, salah seorang nelayan yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan apa yang telah dilakukan Lanal TBK bersama instansi lain hari ini, memberikan pengetahuan bagi nelayan di bawah GT10.

"Jadi kita tahu, mana aturannya bagaimana cara mendapatkan kelengkapan sebagai nelayan seperti dokumen," ujar Emi.

Ia juga mengharapkan dengan kegiatan ini ada perhatian pemerintah daerah kepada nelayan dalam hal keterbatasan area tangkap ikan saat ini.

"Yang kita harapkan pemerintah daerah dapat memperhatikan kami, apalagi saat ini area tangkap kami terbatas, adanya aktifitas tambang sangat berdampak pada hasil tangkapan kami," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Abun, nelayan Meral yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanal TBK.

"Sekarang kita baru mengetahui kalau nelayan bisa mendapatkan solar bersubsidi melalui rekom DKP dan perlunya NPWP dan dokumen lainnya yang harus dilengkapi, khususnya bagi nelayan dengan GT 10 ke bawah," ujar Abun.

Hadir dalam kegiatan di Lanal Tanjungbalai Karimun tersebut diantaranya dari KSOP Tanjungbalai Karimun, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Anwar dan Perwakilan dari Balai Monitor Radio Batam, serta Kepala Satuan Kebangsaan Kabupaten Karimun.

Editor: Yudha