Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aunur Rafiq Tinjau Sejumlah Lokasi Banjir dan Berikan Bantuan Sembako
Oleh : Freddy
Minggu | 26-06-2022 | 13:03 WIB
Aunur_sembako_Karimun.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq serahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang terdampak banjir di Karimun (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq langsung turun kelapangan meninjau ke lokasi lokasi terendam banjir yang terjadi di pulau Karimun, Sabtu (25/06/2022)

Lokasi Pasar Malam dan ruas Jalan Masjid Darrul Jannah Teluk air di Kecamatan Karimun yang terendam banjir hingga mencapai 30 Cm. Lokasi tersebut, merupakan lokasi yang pertama ditinjau Bupati Karimun.

Aunur Rafiq minta agar Dinas PUPR Kabupaten Karimun untuk meninjau sejumlah titik yang menjadi pemicu banjir .

Selain itu Bupati Karimun menyampaikan kepada unsur pemerintah kecamatan untuk melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak. Khususnya, kepada warga yang tergolong terdampak berat banjir.

Pada hari tersebut juga dilakukan penyaluran bantuan berupa sembako kepada warga terdampak banjir di tiga RT dan RW di Kelurahan Teluk Air yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq .

Bupati Karimun menyampaikan Kelurahan Teluk Air menjadi salah satu titik terdampak banjir yang tergolong berat.

Ia menjelaskan, banjir di lokasi Teluk Air ketinggiannya sampai dada orang dewasa,dan ini alasan kenapa kita lebih dulu menemui warga disini.

Lebih Lanjut, Aunur Rafiq mengatakan, bahwa pemerintah daerah juga akan menyalurkan bantuan kepada warga-warga terdampak lainnya di Pulau Karimun Besar.

"Kita sudah mendata titik-titik yang warganya sangat terdampak, Insha Allah pada hari senin sudah disalurkan," katanya.

Bupati Karimun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena belum sepenuhnya mampu terkait penanganan banjir, khususnya di saat guyuran hujan dengan intensitas tinggi.

Aunur Rafiq menambahkan, banjir seperti ini memang tidak selalu terjadi, namun pemerintah daerah tentu akan berupaya untuk meminimalisir ini seperti dengan peningkatan atau normalisasi drainase

Ia mengungkapkan, ada beberapa lokasi yang merupakan titik rawan banjir juga sudah ditangani oleh pemerintah daerah, salah satunya adalah lokasi di Pasar Malam.

Nantinya, akan dibangun drainase sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya banjir

"Drainase kita bangun di Pasar Malam yang akan membelah jalan sampai Pelabuhan Sri Tanjung Gelam agar tidak terjadi banjir lagi, sekarang sudah tahap lelang dan tahun ini akan dikerjakan," sebut Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan ikut bersama pemerintah dalam mencegah terjadinya banjir,salah satunya bagaimana berkolaborasi untuk membersihkan drainase dari sampah yang kerap memicu terjadinya banjir.

"Sampah yang menghambat drainase salah satu pemicu banjir, pemerintah tidak bisa sendiri jika hanya mengandalkan petugas dan untuk itu mari bersama-sama kita ikut berperan menangani ini melalui kebiasaan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan gotong royong di daerah masing-masing." pungkasnya.

Editor: Surya