Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Sosialisasi Kelebihan TV Digital ke Masyarakat Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 21-06-2022 | 19:16 WIB
ansar-batam13.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad ungkapkan tujuan dan kelebihan yang akan didapati masyarakar ketika beralih dari TV analog ke TV digital. Hal ini diungkapkannya selaras dengan program Analog Switch Off (ASO) yang dilakukan secara menyeluruh pada 2 November 2022 mendatang.

Ansar mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus berupaya untuk menyukseskan program transformasi digital yang tengah digencarkan Kementrian Kominfo RI.

"Ini akan jadi lebih mudah diakses ketika analog switch off (ASO) sudah selesai. Karena dengan ASO saluran kanal TV jadi lebih efisien. Jadi dalam satu kanal bisa ada 6 hingga 12 TV jika dengan digital," kata Ansar saat melakukan pertemuan dengan masyarakat di Hotel Golden View, Senin (20/6/2022).

Ansar menjelaskan, perubahan teknologi atau pergantian sistem ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk memajukan perkembangan teknologi di Indonesia. Selain itu, hal ini juga akan lebih mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi lebih luas dengan kualitas yang baik.

"Dengan TV digital masyarakat akan mendapatkan siaran gambar yang jernih, lebih bersih dan lebih stabil," ujarnya.

Lanjut Ansar, untuk bisa menyaksikan siaran TV digital, tidak harus membeli TV baru. TV lama juga bisa digunakan untuk melihat siaran TV digital dengan cara memasang alat Set Top Box (STB).

"Dalam perangkat STB juga terdapat sistem peringatan dini bencana yang dapat digunakan sebagai alarm memperingatkan masyarakat dari bahaya bencana seperti gempa bumi atau tsunami. Ada fitur yang terkoneksi BMKG dan bisa langsung disiarkan," tegasnya.

Editor: Yudha