Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kominfo Batam Gencar Sosialisasikan Transformasi TV Analog ke TV Digital
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 21-06-2022 | 18:28 WIB
azril-kominfo-btm1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kominfo Batam, Azril Apriansyah. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam siap mendukung peralihan televisi analog ke televisi digital, yang saat ini masih disosialisasikan kepada masyarakat.

"Batam tetap mendukung peralihan TV analog ke TV digital. Karena ini program pemerintah pusat. Karena ini juga mengurangi frekuensi-frekuensi yang tumpang tindih siaran yang saat ini ditayangkan," kata Kepala Dinas Kominfo Batam, Azril Apriansyah, Senin (20/6/2022).

Selain itu, keunggulan memiliki siaran televisi digital, di mana tampilkan lebih jernih dengan gambar yang berkualitas jika dibandingkan televisi analog. Karena, April lalu Kenminfo RI secara bertahap di sebagian wilayah di Indonesia untuk menghentikan siaran analog.

"Kita teetap melakukan sosialisasi sesuai arah pusat. Karena, sudah saatnya masyarakat beralih ke program tersebut. Karena dihapus tinggal tunggu waktunya saja," ujarnya.

"Penerima STB ini berdasarkan DTKS di tiap kecamatan. Nanti ada operator TV yang ditunjuk. Jadi memang seperti itu prosedurnya. Jadi untuk sementara ini tidak lewat daerah bisa dari Kantor pos," lanjut Azril.

Azril mengatakan, wacana migrasi TV analog ke TV digital sudah dibahas pada rapat virtual yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kenminfo) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tercatat ada beberapa usulan yang disampaikan salah satunya STB yang disalurkan harus tepat sasaran, jalur distribusi STB, sosialiasi peralihan televisi analog ke televisi, dan lainnya.

"Tapi waktu rapat virtual ada juga Kemendagri, mereka nawari untuk daerah bisa melewati Kemendagri. Tapi belum ada kelanjutannya seperti apa. Jadi daerah masih menunggu karena langsung Kenminfo," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, total STB untuk Provinsi Kepri berjumlah 31.815 yang meliputi empat daerah, yakni Tanjungpinang 4.836 STB, Batam 19.638 STB, Bintan 3.047 STB, dan Karimun 4.300 STB.

Editor: Yudha