Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Roby Ingin Dunia Tahu Sejarah dan Peradaban Bintan Sejak Ratusan Tahun Lalu
Oleh : Harjo
Selasa | 24-05-2022 | 17:12 WIB
sejarah-peradapan-bintan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat Bincang Budaya dan Sejarah bersama Tokoh Budayawan serta Sejarawan Kepri, Datok Rida K Liamsi, Tokoh Budayawan Tambelan, Tokoh Budayawan Penyengat, Pakar Seni Rupa, Antropolog serta beberapa sejarawan Kepri lainnya di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan, Selasa (24/5/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bintan mengukir beragam corak dan peradaban sebagai daerah di jazirah Melayu, mempunyai sejarah yang cukup panjang, sudah berabad-abad mulai sekitar tahun 1160.

Hal tersebut, menjadi pemicu semangat Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan untuk terus mengangkat kembali sejarah Bintan, yang dikhawatirkan akan lekang dan terkikis oleh zaman.

Roby memiliki gagasan besar, untuk membangkitkan wisata sejarah dan budaya di Bintan, yang dimulai dengan Bincang Budaya dan Sejarah bersama Tokoh Budayawan serta Sejarawan Kepri Datok Rida K Liamsi, Tokoh Budayawan Tambelan, Tokoh Budayawan Penyengat, Pakar Seni Rupa, Antropolog serta beberapa sejarawan Kepri lainnya di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan, Selasa (24/5/2022).

"Bintan Pemula dan Bintan Penyudah, maksudnya sejarah bermula di Bintan dan kembali lagi ke Bintan," papar Roby di depan budayawan dan sejarawan yang hadir dalam acara tersebut.

Secara pribadi, Roby mengaku sangat takjub saat membaca sejarah-sejarah tentang Bintan. Tentunya dunia harus tahu bahawa peradaban di Bintan sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu. Progres ke depan adalah mempersiapkan beberapa langkah awal yang kemudian untuk direalisasikan.

"Perlahan akan kita coba di setiap pintu masuk wisata, ditampilkan deskripsi singkat tentang sejarah Bintan. Khusus di titik-titik sejarahnya, perlahan kita mulai angkat elemen-elemen fisiknya," tambahnya.

Dalam diskusi ringan kali ini, pembahasan difokuskan pada sejarah yang sering dan sudah akrab didengar di tengah masyarakat hingga jarang terdengar khalayak ramai. Mulai dari sakralnya kawasan Bukit Batu, Tapak Sejarah Hang Tuah, Makam Waliyullah di Timur Bintan, hingga gagahnya Tambelan di masa penjajahan Portugis, dan sejarah lainnya.

Editor: Gokli