Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Penularan Covid-19 di Tengah Kebijakan Pelonggaran Masker
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-05-2022 | 11:12 WIB
wiku_adisasmito_b1.jpg Honda-Batam
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan siaga di tengah kebijakan pelonggaran aktivitas. Wiku mengingatkan untuk senantiasa berhati-hati baik di dalam maupun luar ruangan.

"Tetaplah waspada dan siaga di setiap situasi dan kondisi selama beraktifitas baik di dalam atau di luar ruangan," kata Wiku dalam keterangan persnya, Rabu (18/5/2022).

Salah satunya, Wiku mengatakan, dengan tetap mempertahankan kebiasaan positif selama pandemi Covid-19. Menurutnya, selama lebih dari dua tahun, masyarakat telah membiasakan diri dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

"Maka diharapkan masyarakat sebisa mungkin dapat mempertahankan kebiasaan positif tersebut demi melindungi diri sendiri dan orang lain di masa pandemi Covid," katanya.

Ia mengungkapkan mobilitas di Indonesia khususnya di sektor retail dan rekreasi terus menunjukan kenaikan sejak Maret lalu hingga saat ini.

Meski begitu, Wiku ungkapkan kenaikan tersebut tidak diikuti dengan kenaikan kasus positif Covid-19 harian bahkan menurutnya cenderung turun.

Wiku menilai hal tersebut merupakan kabar baik dan yang terpenting harus dipertahankan kedepannya. Wiku pun mengungkapkan hingga saat ini Indonesia masih terus menunjukan indikator perbaikan pada tingkat kasus aktif dan kesembuhan.

Sementara itu indikator kematian masih bertahan di angka yang sama yaitu 2,59 persen dibandingkan pekan sebelumnya

Selain itu, Wiku mengingatkan untuk menguatkan ketahanan kesehatan. Ini sebagai upaya mencegah dan menguatkan ketahanan Indonesia dalam menghadapi ancaman penyakit lainnya.

"Saat ini sudah mulai terjadi seperti kejadian hepatitis dan wabah penyakit mulut dan kuku pada ternak," katanya.

Sebelumnya, pemerintah telah melonggarkan kebijakan mulai dari tidak diwajibkan memakai masker di ruangan terbuka dan dibebaskannya pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri menunjukkan hasil PCR maupun antigen bagi mereka yang sudah divaksinasi lengkap.

Editor: Surya