Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menkes RI Hadiri Pencanangan BIAN 2022 di Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 18-05-2022 | 16:12 WIB
BIAN-2022-TPI.jpg Honda-Batam
Menkes RI, Budi Gunandi Sadikin saat pencanangan BIAN 2022 dan peluncuran Aplikasi ASIK di Tanjungpinang, Rabu (18/5/2022). (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau bertindak sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022. Acara ini dihadiri langsung Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (18/05/2022 ) siang.

Terpantau di lapangan ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang dan sekitarnya mengikuti kegiatan BIAN tersebut, selain itu disejalankan vaksinasi lanjutan yang telah disediakan. Pelaksanaan BIAN ini secara  serentak di seluruh Indonesia secara bertahap, sekaligus peluncuran Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyampaikan, pada tahun ini Provinsi Kepri khususnya Kota Tanjungpinang menjadi tuan rumah BIAN tahun 2022 dengan diikuti seluruh provinsi lainnya. "Kami atas nama Pemprov Kepri mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri, di mana Kota Tanjungpinang - Provinsi Kepri, menjadi tuan rumah BIAN tahun 2022 walaupun Bapak Presiden tidak bisa hadir pada hari ini," jelas Ansar.

Gubernur juga melanjutkan, kasus aktif Covid-19 pada hari ini, hanya 5 orang saja, diharapkan menurunkan angka kasus Covid-19, perekonomian bisa kembali pulih seperti sedia kala.

"Mudah-mudahan, kita mengucapkan selamat tinggal kepada Covid-19. Bicara imunisasi anak adalah merupakan masa depan bangsa, maka pada hari ini Kab/Kota di Kepri mengikuti secara serentak imunisasi," lanjutnya.

Sementara itu, Menkes mengatakan, hepatitis akut ini masuknya dari makanan, jadi biasakan makanan itu dimasak yang baik dan selalu cuci tangan. Kemudian, hepatitis akut ini lebih dari 75% menyerang anak-anak di bawah 5 tahun.

"Jadi pastikan ini tugas ibu-ibu, memastikan anak 5 tahun menerima makanan yang baik, sebelum makanan cuci tangan dan juga kalau masak air harus dimasak yang penting ciri-cirinya seperti diare dan kita lihat kayak kuning-kuning matanya kuning buang air besarnya atau buang air kecilnya itu cepat dibawa ke Puskesmas," ucap Menkes.

Usai pencanangan BIAN 2022, Menkes didampingi Gubernur Kepri beserta rombongan melakukan peninjauan imunisasi di Posyandu Bunga Mawar, Kampung Bulang, Kecamatan Bukit Bestari dan melakukan kunjungan ke RSUP Raja Ahmad Thabib.

Editor: Gokli