Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DP3APM Tanjungpinang Gelar Pelatihan Auditor dan Fasilitator PUG
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 17-05-2022 | 19:08 WIB
PUG-TPI.jpg Honda-Batam
Pelatihan Auditor dan Fasilitator Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi para auditor Inspektorat dan tim driver dari berbagai OPD Pemko Tanjungpinang, Selasa (17/5/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang menggelar Pelatihan Auditor dan Fasilitator Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi para auditor Inspektorat dan tim driver dari berbagai OPD.

Pelatihan yang diikuti 5 auditor dan 8 fasilatator tersebut akan berlangsung dari Selasa 17 - 20 Maret 2022, Selasa (17/5/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tindak lanjut Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembanguan Nasional serta Permendagri nomor 15 tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG di daerah serta perubahannya yaitu Permendagri nomor 67 tahun 2011.

Kadis D3APM Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan, pascapelatihan, diharapkan Inspektorat akan melakukan audit kinerja di berbagai OPD, apakah program dan kegiatan yang dilakukan sudah responsif gender atau belum dan memberikan rekomendasi untuk perbaikannya.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi auditor dan fasilitator dalam mengawal implementasi Pengarusutamaan Gender dan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender di setiap OPD," jelasnya.

Selanjutnya, kesenjangan antara penduduk laki-laki dan perempuan, anak-anak, lanjut usia, penyandang disabilitas serta kaum marginal dapat diminimalisir sekecil mungkin sehingga manfaat dan hasil hasil pembangunan dapat dirasakan secara merata oleh seluruh elemen penduduk tanpa kecuali.

"Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan berlangsung di Aula DP3APM. Dengan terkawalnya implementasi PUG di setiap OPD diharapkan dapat mempermudah upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di Kota Tanjungpinang," pungkasnya.

Editor: Gokli