Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Macron Tunjuk Menaker Prancis Elisabeth Borne sebagai Perdana Menteri
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-05-2022 | 10:24 WIB
pm_prancisb.jpg Honda-Batam
Elisabeth Borne, Perdana Menteri Prancis yang baru (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, Paris - Prancis Emmanuel Macron menunjuk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Elisabeth Borne sebagai perdana menteri untuk memimpin upaya reformasi.

Borne menjadi perempuan pertama yang memimpin pemerintahan Prancis dalam tempo lebih dari 30 tahun.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Macron sebagai bagian dari proses reshuffle pemerintahan baru pascakemenangan Macron dalam pemilu Prancis, April lalu, dan menjelang pemilu legislatif, Juni mendatang.

Macron butuh meraih suara mayoritas di parlemen agar agenda domestiknya bisa berjalan setelah koalisi baru antara sayap kiri dan kanan mengancam mengganggu programnya.

Terakhir kali Prancis memiliki perdana menteri perempuan adalan antara Mei 1991 dan April 1992 kala Edith Cresson menjadi perdana menteri di bawah Presiden Francois Mitterrand.

Mengakhiri spekulasi selama beberapa pekan, Elysee mengonfirmasi nominasi Borne dan menteri itu kemudian bertolak ke Komplek Matignon untuk penyerahan jabatan dari Castex.

"Tidak ada yang bisa menghentikan perjuangan untuk posisi perempuan dalam masyarakat kita," ujar Borne saat penyerahan jabatan perdana menteri.

Dia kemudian mendedikasikan penunjukkan dirinya sebagai perdana menteri untuk semua anak perempuan yang akan bisa mewujudkan mimpi mereka.

Sumber: AFP

Editor: Surya