Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Atlet dengan Gaji Termahal di Dunia, Messi Kalahkan Ronaldo
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-05-2022 | 14:36 WIB
messi112.jpg Honda-Batam
Lionel Messi. (Mirror)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi dinyatakan menjadi atlet dengan bayaran paling mahal di dunia. Berikut lima atlet dengan gaji tertinggi 2022.

Laman Forbes merilis daftar atlet dengan gaji tertinggi 2022. Dari 10 nama yang diumumkan, atlet basket mendominasi dengan empat pemain NBA yang masuk ke dalam daftar penerima gaji tertinggi.

Meski demikian, tiga tempat teratas masih dikuasai oleh pemain sepak bola. Lionel Messi dan penggawa Manchester United (MU) Cristiano Ronaldo masuk ke dalam tiga besar atlet dengan gaji termahal.

1. Lionel Messi
Pemain asal Argentina itu ditaksir mendapat total pendapatan sebesar US$ 130 juta atau setara dengan Rp 1,8 triliun setiap tahunnya. Gelontoran uang itu ia dapatkan dari gaji sebagai penggawa PSG sebesar US$ 75 juta alias Rp 1,09 triliun ditambah US$ 55 juta atau Rp 801 miliar dari penghasilannya di luar lapangan.

Messi diketahui memiliki kerjasama individu dengan beberapa brand internasional seperti Adidas, Budweiser, dan Pepsi. Wajah Messi kerap muncul di iklan produk-produk tersebut.

Selain itu, penunjukkan Messi sebagai Brand Ambassador Hard Rock International membuat pria berusia 34 tahun tersebut menyamai pendapatan Cristiano Ronaldo di luar lapangan.

2. LeBron James
Bintang LA Lakers LeBron James dilaporkan mendapat penghasilan mencapai US$ 121,2 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun yang terdiri dari US$ 41,2 juta dari gaji sebagai pemain basket dan tambahan US$ 80 juta di luar lapangan.

Dominasi upah dari luar lapangan didapatkan pebasket berusia 37 tahun itu dari berbagai kegiatan. Ia mendapat peran utama dalam film 'Space Jam: A New Legacy' dan menjadi pemegang kunci acara bincang-bincang 'The Shop' di HBO yang pindah ke YouTube.

Kerjasamanya dengan laman Crypto.com semakin menambah pundi-pundi atlet Amerika Serikat tersebut. Tak hanya itu, dirinya bahkan muncul di iklan Super Bowl pada Februari lalu hingga membangun bisnis di sektor olahraga berbasis teknologi bersama StatusPRO.

3. Cristiano Ronaldo
Pemain MU Cristiano Ronaldo kini berada di peringkat ketiga atlet dengan gaji tertinggi. Ia mendapatkan total upah US$ 115 juta atau senilai Rp 1,6 triliun setiap tahunnya.

Pria berusia 37 tahun itu mendapat gaji US$ 60 juta sebagai pemain sepak bola dan total pemasukan dari luar lapangan mencapai US$ 55 juta. Produk-produk terkenal seperti Nike, Herbalife, dan sampo Clear menjadi tiga pihak yang menjalin kerjasama dengan kapten timnas Portugal tersebut.

Ronaldo juga menjalin bisnis di sektor lain seperti restoran Tatel di Beverly Hills dan ZujuGP yang bergerak di sektor sepak bola digital.

4. Neymar
Pemain PSG Neymar tercatat sebagai atlet peringkat keempat dengan gaji tertinggi di dunia. Ia dikabarkan menerima pendapatan per tahun hingga US$ 95 juta alias Rp 1,3 triliun.

Bintang timnas Brasil itu mendapat upah US$70 juta sebagai pemain PSG dan tambahan US$ 25 juta dari kerjasama dengan pihak di luar sepak bola.

Neymar menjalin kerjasama ekslusif dengan Puma dan Red Bull. Ia juga aktif di dunia hiburan saat muncul di serial televisi 'Money Heist'. Pria berusia 30 tahun itu juga berinvestasi di 'Bored Ape Yacht Club' NFT dengan menghabiskan dana sebesar US$ 1 juta.

5. Stephen Curry
Stephen Curry menjadi pebasket dengan gaji tertinggi kedua setelah LeBron James. Ia masuk ke dalam urutan kelima sebagai atlet dengan bayaran termahal di dunia.

Pebasket berusia 34 tahun itu dikabarkan menerima total bayaran US$ 92,8 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun yang terdiri dari US$ 45,8 juta dari gaji sebagai pemain dan tambahan US$ 47 juta dari bayaran di luar arena.

Pemain Golden State Warriors itu sedang sibuk mendulang pundi-pundi dari investasi NFT. Ia juga memimpin Unanimous Media, sebuah agensi produksi media yang bekerjasama dengan NBCUniversal pada September 2021 lalu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha