Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Berlebaran di Kampung Halaman, Ratusan PMI Gelar Halal Bihalal di Singapura
Oleh : Hadli
Rabu | 11-05-2022 | 11:24 WIB
pmi_singapura-lebaran-001122.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Guna mempererat silaturahmi bagi para pekerja migran Indonesia di luar negeri, IBA menggelar acara halal bihalal bersama ratusan PMI di Singapura. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Guna mempererat silaturahmi bagi para pekerja migran Indonesia di luar negeri, International Busines Assosation (IBA) menggelar acara halal bihalal bersama ratusan PMI di Singapura.

Para PMI ini tidak dapat kembali ke tanah air untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1443H. Acara silahturahmi sesama pekerja migran di gelar di salah satu restoran di negara Singapura pada Minggu (08/5/2022).

Halal bihalal yang berlangsung meriah dan suasana hangat ini disambut baik dan antusias oleh para PMI. Selain makan siang, juga adanya pembagian goodie bag yang diberikan oleh IBA, dan sponsor lainnya.

Penampilan hiburan musik kompang serta siraman dakwah turut menambah kemeriahan suasana lebaran di negeri Singa itu.

Menurut ketua IBA, Shan shan, pihaknya sengaja mengadakan acara ini guna mengobati kerinduan para PMI di kampung halaman dan tentunya kesempatan bersilaturahmi bersama sesama PMI lainnya.

"Kami memahami sekali perasaan teman-teman Indonesia yang kerja di Singapura. Hari lebaran pasti keinginan untuk pulang kampung itu sangat besar, namun karena pekerjaan dan batasan-batasan New Normal masa pasca Pandemic yang tidak memungkinkan, sehingga kami mengadakan ini sebagai bentuk kepedulian kepada para PMI," ujar Shan shan, Rabu (9/5/2022).

"Meskipun tidak bisa pulang, tapi bisa berkumpul dengan ratusan teman disini, saya rasa juga membawa kebahagiaan tersendiri bagi para PMI, mereka bisa bertemu kembali, semoga acara akami dapat dinikmati dan berkah bagi mereka," sambung Shan Shan lagi.

Perwakilan KBRI untuk negara Singapura, Yosep Trianugra Tutu, turut hadir dalam acara itu. Ia mengatakan KBRI siap memberi pelayanan selama 24 jam.

"Kepada bapak ibu, kita siap beri pelayanan jangan ragu menghubungi nomor pelayanan yang telah kita disediakan 24 jam," kata Trianugra mengimbau.

Siti Suyanti, PMI Singapura, asal Jawa Timur mengaku bahagia dapat berkumpul sesama warga negara Indonesia.

"Saya sudah 2 tahun tidak bisa pulang, Pandemic, kangen sekali dengan keluarga, tapi karena IBA ngadain acara halal bihalal di hari Lebaran, senang sekali rasanya bisa kumpul dengan teman-teman lain, berbagi cerita, uda lama tidak bertemu soalnya," kata Siti terharu.

Acara Halal Bihalal ini ditutup dengan acara lucky draw dengan hadiah-hadiah yang menarik bagi pemenang untuk menambah kebahagiaan dan kehangatan kebersamaan.

Editor: Yudha