Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Prancis Emmanuel Macron Dilantik untuk Masa Jabatan Kedua
Oleh : Redaksi
Minggu | 08-05-2022 | 10:04 WIB
macron_dilantikb.jpg Honda-Batam
Emmanuel Macron secara resmi telah dilantik menjadi Presiden Prancis (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Paris - Emmanuel Macron secara resmi telah dilantik menjadi Presiden Prancis untuk masa jabatan kedua setelah memenangkan pilpres tahun ini.

Macron akan menghadapi tantangan besar dalam kebijakan luar negeri maupun dalam negeri setelah masa jabatan pertamanya seringkali mempolarisasi Prancis.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (7/5/2022), seremoni pelantikan Macron digelar di Elysee Palace di Paris pada Sabtu (7/5/2022) waktu setempat.

Macron dikonfirmasi oleh Ketua Dewan Konstitusional Laurent Fabius sebagai pemenang pilpres April lalu dan menandatangani dokumen resmi untuk pelantikan ulang.

Pelantikan ini dihadiri oleh ratusan orang termasuk istri Macron, Brigitte, dan mantan Presiden Prancis seperti Francois Hollande dan Nicolas Sarkozy.

Seremoni ini digelar relatif sederhana, namun menandai pertama kalinya Presiden Prancis dilantik untuk periode kedua dalam 20 tahun terakhir.

Macron menghadapi agenda menakutkan untuk menerapkan reformasi yang dijanjikannya ketika terpilih menjadi Presiden termuda Prancis tahun 2017 lalu, juga dalam berurusan dengan invasi Rusia ke Ukraina

Dia juga mengindikasikan gaya pemerintahan yang lebih inklusif dan penuh pengertian setelah para pengkritik mengeluhkan metodenya yang dianggap kasar dan arogan selama periode pertama.

"Saya bersumpah untuk membangun sebuah planet yang lebih layak huni, Prancis yang lebih hidup dan Prancis yang lebih kuat," ucap Macron dalam pidato usai pelantikan di Elysee Palace, saat menjanjikan 'metode baru' untuk memerintah Prancis.

Dalam tradisi sejak Abad Pertengahan, tembakan meriam 21 kali dilakukan dari kompleks memorial militer Invalides untuk merayakan pelantikan.

Namun tidak ada arak-arakan di sepanjang Avenue des Champs-Elysees maupun karpet merah panjang.

Masa jabatan kedua Macron akan resmi dimulai ketika masa jabatan pertama berakhir pada 13 Mei tengah malam.

Editor: Surya