Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukseskan Program Gerbang Kampung, Dinas PMD Bintan Usung Konsep Dasa Bina Desa
Oleh : Harjo
Jumat | 28-01-2022 | 17:53 WIB
Ronny-Kartika.jpg Honda-Batam
Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gerakan Membangun Kampung (Gerbang Kampung) yang merupakan program prioritas Kabupaten Bintan untuk mensejahterakan masyarakat, mulai dijalankan tahun 2022 ini.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bintan yang menjadi leading sektor program Gerbang Kampung, akan mengusung konsep 'Dasa Bina Desa', yang meliputi Bisa Sehat, Bina Infrastruktur, Bina Ekonomi, Bina Pertanian, Bina Pariwisata, Bina Perikanan, Bina Aman Damai, Bina Budaya dan Olahraga, Bina Religi dan Bina Kesejahteraan Keluarga.

"Konsep Dasa Bina Desa ini berlandaskan azas peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, konsep Dasa Bina Desa ini digaas mengingat kebutuhan setiap lokasi berbeda, potensinya pun beragam. "Andil dari masyarakat yang kita harap dapat menggali semua potensi yang ada, dan memenuhi semua kebutuhan umumnya. Intinya, Pemerintah Daerah selalu siap dan hadir dalam memberi pendampingan dan pembinaan," jelas dia.

Dikatakan Ronny, program Gerbang Kampung ini harus benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat. Hal ini pula yang selalu ditekankan Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan. "Minimal memberi manfaat yang berkesinambungan pada masyarakat," imbuhnya.

Untuk menjalankan semua program ini, Pemkab Bintan tahun 2022 ini akan menggelontorkan dana Rp 50 juta per RW. "Kalau ngobrol-ngobrol santai bersama Ketua RW, banyak tergali ide-ide cemerlang yang memang luar biasa untuk dilakukan. Memang tidak semudah membalik telapak tangan dan memang harus memakan waktu, namun yakinlah bahwa kebangkitan ekonomi dari desa bukan sekedar angan belaka," tandasnya.

Editor: Gokli