Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resmi Dibuka, Travel Bubble BB-S akan Dievaluasi dalam 2 Minggu ke Depan
Oleh : Putra Pamungkas
Selasa | 25-01-2022 | 11:12 WIB
menko_luhut-tanjung-pinggir-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Kargo Internasional di Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Senin (24/1/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa kerjasama travel bubble Batam Bintan-Singapura (BBS) akan dievaluasi dalam 2 minggu ke depan.

Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin (24/1/2022) malam, Menko Luhut mengatakan bahwa travel bubble Batam Bintan-Singapura secara resmi dibuka pada 24 Januari 2022.

Tidak hanya itu, Luhut juga menegaskan bahwa travel bubble akan dievaluasi dua minggu ke depan. Jika nantinya terjadi masalah penyebaran Covid-19, maka akan dipertimbangkan untuk kembali diberhentikan.

"Travel bubble akan dievaluasi dua minggu ke depan. Kalau ada masalah, ya kita pertimbangkan untuk disetop," kata Luhut.

Adapun travel bubble adalah skema untuk membuka gerbang pariwisata antar-negara selama pandemi Covid-19. Melalui skema ini, negara-negara yang menjalin kerja sama akan bersepakat untuk membuka perbatasan dan mengizinkan warganya bepergian di area tertentu yang telah ditetapkan.

Luhut mengatakan pelaksanaan travel bubble telah disertai dengan prosedur protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah tetap mengantisipasi penyebaran wabah, terutama masuknya varian Covid-19 baru, seperti Omicron.

"Jadi jangan ada yang bilang kita tidak konsisten. Keputusan akan sejalan dengan apa yang terjadi," tutupnya.

Editor: Yudha