Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 PMI dari Malaysia Dikirim ke RSKI Galang, 840 Lainnya Jalani Karantina di Rusun
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 14-01-2022 | 19:40 WIB
PMI-masuk1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

PMI dari Malaysia saat tiba di Pelabuhan Batam Center. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 3 Pekerja Migran Indonesia (PMI) terkonfimasi positif Covid-19, Jumat (14/01/2022). Ketiga PMI itu sudah diberangkatkan menuju Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Kecamatan Galang, Kota Batam.

"Alhamdulilah hari ini hanya 3 orang positif Covid-19," ujar dr Anggita, petugas medis yang menangani PMI di Rusun Tanjunguncang.

Jumlah terkonfimasi positif tersebut terbilang menurun dibandingkan 1 pekan belakangan ini. Pasalnya setiap hari PMi yang datang dari Malaysia melalui Pelabuhan Internasioal Batam Center jumlah positif diantar 10-50 PMI. "Lebih banyak yang negatif," katanya.

Sementara PMI yang tidak terkonfimasi positif Covid-19 masih menjalankan masa karantina di tiga Rumah Susun (Rusun) yang disediakan oleh Pemerintah Kota Batam, yakni Rusun Batamec, Rusun Putra Jaya dan Rusun BP Batam, di Tanjunguncang.

"Total hari jumlah PMI yang karantina sebanyak 840 jiwa," jelas Angggita.

Sementara untuk masa karantina sampai saat ini masih mengacu kepada aturan yang lama, di mana PMI yang baru tiba harus menjalani Karantina selama 10 hari dan dua kali menjalani test Swab. "Jika dalam 10 hari dan hasil swabnya negatif, baru dipulangkan kekampung halamannya," tutup Anggita.

Editor: Gokli