Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arab Saudi Tahan Cendekiawan Muslim Uighur, Dikhawatirkan akan Dideportasi ke China
Oleh : Redaksi
Kamis | 13-01-2022 | 09:04 WIB
A-cendekiawan-muslim-uighur_jpg2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Cendikiawan muslim Uighur, Aimadoula Waili, juga dikenal sebagai Hemdullah Abduweli. (Foto/Middle East Eye)

BATAMTODAY.COM, Riyadh - Seorang cendekiawan muslim Uighur ditahan tanpa tuduhan di Arab Saudi . Keluarganya khawatir dia akan dideportasi ke China dalam beberapa hari ke depan.

Aimadoula Waili, juga dikenal sebagai Hemdullah Abduweli, adalah salah satu dari dua orang Uighur yang berisiko dideportasi ke China dari Kerajaan Arab Saudi.

Cendekiawan tersebut melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada tahun 2020 dengan visa selama setahun dari Turki, di mana ia adalah penduduk resmi, untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah.

Tapi Waili bersembunyi setelah Konsulat China di Riyadh diduga meminta deportasinya. Putri Wailii, Nurin Hemdullah, mengatakan ayahnya bisa menghadapi hukuman penjara dan penyiksaan jika dideportasi ke China.

"Kami belum mendengar suara ayah kami selama lebih dari setahun, dan kami sedih mengetahui bahwa dia dapat dikirim ke China dan dipisahkan darinya selamanya," katanya kepada Middle East Eye, yang dilansir Selasa (11/1/2022).

Pemerintah China dituduh menahan lebih dari satu juta warga Uighur dan minoritas muslim lainnya di wilayah timur Xinjiang, dan menjadikan komunitas itu sebagai target pelanggaran yang oleh aktivis dan negara-negara Barat sebut sebagai "genosida".

China membantah tuduhan pelanggaran semacam itu. Pindah dari satu rumah Uighur ke yang lain, Waili mengandalkan jaringan Uighur di Arab Saudi untuk membuatnya tetap aman. Dia takut pergi ke bandara akan menyebabkan deportasi otomatisnya.

Tetapi dia akhirnya ditangkap oleh pihak berwenang Arab Saudi pada November 2020 dan dibawa ke Penjara Keamanan Maksimum Pusat Dhahban di Jeddah, di mana dia ditahan tanpa tuduhan.

Nurin Hemdullah dan saudara perempuannya mengatakan seorang pejabat pengadilan Arab Saudi telah melihat ayah mereka minggu lalu dan mengatakan kepadanya untuk "siap secara mental" untuk dideportasi ke China dalam beberapa hari ke depan.

Para wanita tersebut mengatakan bahwa mereka telah berbicara dengan seorang warga Uighur di Arab Saudi yang memantau kasus tersebut, yang mengatakan bahwa pejabat pengadilan membenarkan keputusan tersebut meskipun kedua pria tersebut tidak dituduh melakukan kejahatan di China atau Kerajaan Arab Saudi.

"Sejak mendengar tentang kemungkinan deportasinya, kami menangis tanpa henti. Dan setiap kali kami memikirkan perpisahan ini, rasa sakitnya tak tertahankan, dan hati kami hancur setiap saat," ujar Nurin Hemdullah.

Masih belum jelas kapan Arab Saudi bisa mendeportasi kedua warga Uighur itu. Maya Wang, seorang peneliti senior Human Rights Watch di China, juga berbicara dengan keluarga mereka dan meminta Arab Saudi untuk menghentikan deportasi.

"Arab Saudi seharusnya tidak secara paksa mengembalikan dua orang Uighur ini ke China, di mana mereka kemungkinan besar akan menghilang ke dalam lubang hitam," kata Wang kepada Middle East Eye.

"Sudah cukup buruk bahwa Arab Saudi tidak mau mengkritik serangan pemerintah China terhadap Islam. Tapi itu adalah penolakan yang mengejutkan terhadap hukum internasional untuk mengembalikan mereka secara paksa."

Wang menambahkan bahwa pihak keluarga telah memberi tahu dia bahwa pejabat kehakiman juga bertanya kepada Waili dan warga Uighur lainnya yang ditahan apakah mereka tahu nama-nama warga Uighur lainnya di Arab Saudi.

Kemungkinan deportasi Waili terjadi beberapa bulan setelah pengadilan Maroko menyetujui ekstradisi seorang aktivis Uighur setelah Beijing mengajukan surat perintah penangkapannya melalui Interpol.

Yidiresi Aishan, ayah tiga anak berusia 34 tahun dengan status tinggal di Turki, ditahan oleh polisi Maroko di Rabat setelah melarikan diri ke negara Afrika Utara tersebut.

Masih belum jelas mengapa Maroko menyetujui ekstradisi Aishan setelah Interpol membatalkan surat perintah penangkapan "red notice" yang dikeluarkan terhadapnya. Interpol membatalkan "red notice" pada Agustus setelah sekretariat jenderalnya menerima informasi baru tentang Aishan.

Pada Oktober 2020, BBC melaporkan bahwa Arab Saudi dan negara-negara mayoritas muslim lainnya, termasuk Mesir dan Uni Emirat Arab, telah bekerja sama dengan Beijing untuk mendeportasi warga Uighur kembali ke China.

Pada 2019, dokumen China yang bocor ke New York Times menunjukkan bagaimana China mengelola kamp pendidikan ulang dan pengawasan massal terhadap populasi Uighur di provinsi Xingjiang.

Kutipan dari dokumen tersebut menunjukkan bagaimana China mengidentifikasi hampir 6.000 warga Uighur yang berada di luar negeri atau memiliki surat-surat untuk bepergian untuk dipantau oleh otoritas China.

Sumber: SINDOnews
Editor: Dardani