Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru 200 Ahli Waris yang Lakukan Registrasi Ulang

Registrasi Ulang Makam Umat Muslim di TPU Seitemiang Gratis
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 30-11-2021 | 18:40 WIB
makam-muslim-seitemiang.jpg Honda-Batam
Makam umat muslim di TPU Seitemiang, Kota Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Yayasan Khairul Ummah Madani, pengelola makam umat muslim di TPU Seitemiang, Kota Batam, meyampaikan sudah ada 200 ahli waris yang melakukan registrasi ulang makam anggota keluarganya, sejak adanya pengumuman beberapa waktu lalu.

Sekretaris Yayasan Khairul Umma Madani, Zailani menegaskan, pendataan ulang makam tidak dipungut biaya alias gratis. Ahli waris cukup datang melengkapi kembali data makam keluarga atau kerabatnya kepada pengurus.

"Kami tidak memungut biaya apa pun. Datang dan kita data ulang, karena banyak sekali makam tidak ada data ahli warisnya. Karena banyak kasus, ahli warisnya sudah pindah alamat atau nomor telepon sudah ganti. Maka kita benahi agar semua makam di sini ada yang mengurusnya," jelas Zailani, Selasa (30/11/2021).

Ketua Yayasan Khairul Umma Madani, Khudri Syam menuturkan, registrasi ulang pemakaman ini bertujuan untuk penertiban adminitrasi dan data makam yang ada di TPU Seitemiang khususnya pemakaman umat muslim. Lahan pemakaman yang semakin menipis tentu pendataan ulang sangat membantu pihak pengelolah terkait solusi dan rencana jangka panjang.

"Solusinya memang harus ada lahan pemakaman baru, cuman sebelum ke tahap itu kita harus benahi dulu data pemakaman yang sudah ada ini. Banyak sekali makam yang sudah tak diurus oleh ahli waris," ujar Khudri Syam.

Khudri menambahkan, penataan dan pendataan ulang makam ini dikhususkan untuk makam yang usianya sudah di atas 10 tahun. Makam-makam tua ini umumnya sudah tak diurus oleh ahli waris. Pengelolah ingin agar ini semua didata ulang sehingga pengelolah memiliki informasi pasti terkait siapa ahli warisnya.

"Lahan TPU Seitemiang ini sudah habis. Upaya pendataan bisa saja jadi acuan bagi pengelola untuk menimpa pemakaman tua yang tak terurus. Tetapi ini baru sebatas wacana," tuturnya.

Jumlah makam yang untuk umat Muslim di TPU Seitemiang ada sekitar 19 ribuan makam. Sebagian besar usianya sudah di atas 10 tahun. Lahan pemakaman yang tersisa tinggal sepetak lagi dan diprediksi sudah habis terpakai sebelum akhir tahun.

Editor: Gokli