Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Tokoh di Kepri Dianugerahi Gelar Kebesaran Zuriat Kerajaan Riau Lingga
Oleh : CR-3
Sabtu | 27-11-2021 | 20:08 WIB
gelar-kebesaran.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penganugerahan gelar kebesaran kepada 5 tokoh di Kepri dari Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga, Sabtu (27/11/2021). (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga menganugerahi gelar kebesaran kepada limah tokoh di Provinsi Kepri.

Penganugerahan dan penabalan gelar ini berlangsung di Pulau Penyengat Indera Sakti, Kota Tanjungpinang, Sabtu (27/11/2021).

Adapun kelima tokoh yang dianugerahi gelar kebesaran itu yakni (Alm) Drs H Muhammad Sani (Mantan Gubernur Kepri ); Puan Hj Marlin (Wagub Kepri), Dato' Seri H Rida K Liamsi (Tokoh masyarakat Kepri ), Dato' H Muhammad Rudi (Wali Kota Batam), Puan Hj Rahma ( Wali Kota Tanjungpinang ), dan Dato' H Dharma Setiawan Ibni Kamalul Arifin.

Ketua Yayasan Kebudayaan Indera Sakti Pulau Penyengat serta Panitia Pelaksana Kegiatan, Raja Malik Hafrizal menjelaskan, kegiatan adat hari ini, ada dua agenda pertama pengukuhan/penabalan yang dipertuan besar, yang dipertuan muda dan satu pentadbiranya satu organisasi Perhimpunan Agung Kerabat Kerajaan Riau Lingga.

"Kedua Perhimpunan Agung memberikan gelar adat kebesaran Kerajaan Riau Lingga kepada tokoh yang kita anggap patut untuk diberikan gelar adat itu. Sebenarnya penghargaan ini tidak pasti mereka harus berjasa dulu akan tetapi kami memberikan gelar ini sebagai doa restu kepada tokoh yang kami berikan itu," kata Raja Malik.

Tujuan dilaksanakannya penganugerahan, kata Raja Malik, untuk membangun silaturahmi di Kepri khususnya masyarakat Melayu. "Adat orang Melayu sebenarnya berbasis inklusif terbuka bagi kalangan lain menjadi bagian bersama dalam membangun Kepulauan Riau," ujarnya.

Adapun Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dianugerahi gelar Dato' Perdana Lela Mahkota. Sementara itu, Marlin Agustina dianugerahi sebagai Dato' Wira Indera Puteri.

Lima tahun yang lalu, Rudi juga pernah dianugerahi sebagai Dato' Lela Bahari. Atas dua anugerah tersebut, Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam mengucapkan terima kasih. "Makna penghargaan ini akan saya jaga," ucap Rudi, seperti dikutip Media Center Batam.

Ia memaknai, penghargaan ini akan menjadi memantik dirinya dalam mengemban amanah memimpin Batam. Terlebih peran Batam sangat penting bagi Provinsi Kepri pada umumnya.

"Seperti dari sisi ekonomi, Batam menjadi tumpuan atau tulang punggung bagi Kepri," kata Rudi.

Sementara itu, Wagub Kepri Marlin Agustina, mengatakan sautu kehormatan bagi dirinya menerima amanah yang cukup besar sebagai Dato'. Penabalan ini dia akui sebagai salah satu anugerah terbesar dalam hidupnya.

"Perhelatan (kegiatan) ini juga merupakan perwujudan nyata bahwa eksistensi Melayu masih menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," katanya.

Marlin juga mengutip Pasal 11 pada Gurindam 12 karya tokoh masyhur Melayu Raja Ali Haji. "Hendaklah berjasa, Kepada yang sebangsa".

Kutipan pasal ini mengisyaratkan kepada manusia untuk selalu bisa bermanfaat kepada sesama. Sebagaimana Islam mengajarkan untuk saling memberikan manfaat dan saling mengingatkan pada kebaikan.

"Semoga amanah ini saya emban dengan baik. Dalam upaya menjaga budaya dan menjadi warisan untuk anak cucu kita kelak," ujar dia.

Editor: Gokli