Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arus Nataru di Tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah dan Aparat Siaga
Oleh : Hadli
Sabtu | 27-11-2021 | 17:04 WIB
Vicon-Nataru.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suasana Vicon dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mapolda Kepri, Jumat (27/11/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah mulai mempersiapkan strategi menghadapi lonjakan arus Natal dan pergantian tahun. Persiapan tersebut dimulai melalui rapat koordinasi antar lintas sektoral di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Rapat koordinasi dilaksanakan melalui sarana Video Conference yang diikuti seluruh provinsi, termasuk Kepri yang diadakan di Polda Kepri, Nongsa Kota Batam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengharapkan, agenda-agenda dan kegiatan-kegiatan nasional maupun internasional di tahun mendatang betul-betul dalam kondisi terkendali, sebagaimana arahan Presiden, ke depan seluruhnya diminta untuk memiliki frekuensi yang sama dalam hal penanganan kasus Covid-19.

"Keputusan-keputusan hari ini menjadi dasar untuk kita melakukan pengendalian di lapangan. Perkembangan level PPKM di satu sisi adalah sebuah keberhasilan rekan-rekan semua, namun di satu sisi ada beberapa wilayah yang harus kita waspadai," ujar Sigit.

Menurut Sigit, dengan adanya penurunan PPKM level, ada kecenderungan peningkatan mobilitas, khususnya bagi wilayah-wilayah yang menjadi sasaran mudik pada saat Natal dan Tahun Baru. Di satu sisi pasti akan ada peningkatan di wilayah pariwisata, untuk itu harus diantisipasi.

Sementara Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman menyampaikan, Provinsi Kepri merupakan wilayah yang langsung berbatasan dengan negara tetangga, untuk itu diingatkan dan perintahkan kepada seluruh anggota yang ada di perbatasan mengantisipasi masuknya warga negara asing maupun Pekerja Migran Indonesia.

"TNI dan Polri siap untuk melakukan pengamanan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru serta siap untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat Provinsi Kepri," kata Irjen Pol Aris Budiman.

Dilanjutkan Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, agar seluruh personel dapat meningkatkan kembali pengamanan di daerah perbatasan. "Berikan pelayanan terbaik kepada yang datang dan berikan vaksinasi kepada warga negara asing dan Pekerja Migran Indonesia," ujarnya.

Rapat koordinasi di Polda Kepri juga dihadiri Kaskogabwilhan I, Wakapolda Kepri, FKPD Provinsi Kepri dan Kapolres/ta jajaran Polda Kepri.

Editor: Gokli