Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dorong Kemajuan Ilmu Ristek, BRIN Siap Terima Mahasiswa Magang dari Iteba dan BTP Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 18-11-2021 | 18:04 WIB
MoU-Iteba-BTP-BRIN.jpg Honda-Batam
Mou antara Iteba dan BTP dengan BRIN terkait peningkatan ilmu Ristek, Kamis (18/11/2021). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kerja sama dengan Kampus Institut Teknologi Batam (Iteba) dan Batam Tourism Polytechnic (BTP) untuk perkembangan riset teknologi di Tanah Air.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU di Kampus Iteba dan BTP Batam yang berlokasi di Tiban, Kecamatan Sekupang, Kamis (18/11/2021) siang.

Plh Deputi Infrasturktur Riset dan Inovasi Nasional, Yan Rianto menyampaikan, melalui kerja sama ini BRIN siap meningkatkan kualitas pendidikan ilmu riset dan teknologi di Iteba ataupun BTP. BRIN dengan peralatan riset yang lengkap dan canggih akan membuka kesempatan kepada mahasiswa Iteba dan BTP untuk melakukan magang dan riset di sana.

"Kita juga akan berkolaborasi dengan dosen-dosen untuk kemajuan ilmu riset dan teknologi di kampus ini," ujar Yan.

Dijelaskannya, BRIN merupakan lembaga riset yang baru dibentuk pemerintah untuk berkolaborasi dengan lembaga riset lainnya di Tanah Air. "Tujuannya tidak lain untuk peningkatan SDM generasi muda dalam bidang riset dan teknologi demi Bangsa Indonesia yang lebih maju," ujar Yan.

Rektor Iteba, Sukrisno Mardiyanto menyambut baik kerja sama tersebut. Ada beberapa jurusan di kampus Iteba yang memang membutuhkan dukungan alat praktek untuk riset dan teknologi yang mumpuni.

"Kerja sama ini sudah lama kami nantikan. Sebelumnya sudah dirintis memang dan Alhamdulillah hari terlaksana, semoga kedepannya berjalan dengan baik," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Dewan Pembina Yayasan Vitka, Asman Abnur yang berharap kerja sama ini mampu meningkatkan kualitas SDM mahasiswa di Iteba ataupun BTP. "Kampus sekarang dituntut untuk lebih mandiri untuk berinovasi dan berkreasi. Dukungan lembaga seperti ini sangat membantu untuk peningkatan mutu pendidikan," ujar Asman Annur.

Selain penandatangan kerja sama juga dilaksanakan pemaparan kuliah umum oleh petinggi BRIN.

Editor: Gokli