Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Santri 2021, Roby: Santri Penerus Pembangunan dan Suri Tauladan
Oleh : Harjo
Sabtu | 23-10-2021 | 10:13 WIB
santri11.jpg Honda-Batam
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan memimpin upacara Hari Santri Nasional tahun 2021. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan memimpin upacara Hari Santri Nasional tahun 2021 di halaman Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Jum'at (22/10/2021).

Hari Santri Nasional Sendiri sejatinya diperingati setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Hal ini juga merujuk pada tercetusnya resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi kemerdekaan Indonesia, yang dalam perkembangannya menjadi awal terjadinya peristiwa heroik 10 November.

Pada tahun ini, peringatan Hari Santri juga mengusung tema 'Santri Siaga Jiwa Raga' yang memiliki makna sebagai bentuk pernyataan sikap santri di seluruh Indonesia, yang harus selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Sementara itu, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan bahwa hari Santri mengingatkan arti penting terkhususnya dalam era pandemi Covid-19. Dia meminta agar para Santri menjadi suri tauladan terdepan untuk tetap berada dalam situasi antisipasi dan adaptasi, menjadikan protokol kesehatan sebagai budaya keseharian, dengan pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak

Dikatakannya juga, bahkan tidak hanya sekedar memperhatikan Prokes dalam pencegahan Covid 19, namun para santri untuk membiasakan pola hidup yang kondusif di lingkungan pesantren.

"Sempena hari Santri, tentu kita ingin agar di lingkungan pesantren harus terbangun kondusifitas, sehat dan bersih. Para santri harus mempersiapkan diri sebagai generasi penerus pembangunan, dan suri tauladan. Membiasakan pola hidup yang kondusif di lingkungan pesantren dalam pencegahan Covid 19 saat ini," tutupnya.

Editor: Yudha