Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Universidad Anahuac Oaxaca dan Telkom University Teken MoU Kerja Sama Pendidikan
Oleh : Redaksi
Jumat | 22-10-2021 | 18:18 WIB
MoU-Pendidikan-Mexico-Indonesia.jpg Honda-Batam
MoU Pendidikan antara Universidad Anahuac Oaxaca di Meksiko dan Telkom University di Indonesia. (Kemlu)

BATAMTODAY.COM, Meksiko - Universidad Anahuac Oaxaca di Meksiko dan Telkom University di Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Kerja sama Pendidikan, secara virtual pada Rabu (20/10/2021) waktu Meksiko atau Kamis (21/10/2021) WIB.

Penandatangan MoU ini dilakukan Mtra Yoani Rodriguez Villegas selaku Rektor Universitas Anahuac Oaxaca dan Prof Dr Adiwijaya, selaku Rektor Universitas Telkom, yang akan ditindak lanjuti juga secara circular dan diikuti pembahasan implementasi kerjasama pendidikan yang lebih detail.

Acara penandatanganan perjanjian kerja sama pendidikan tersebut turut disaksikan Dubes RI untuk Meksiko, Cheppy Wartono dan Dubes Meksiko untuk Indonesia, Armando Alvarez.

Dubes Cheppy mengharapkan semakin terbukanya kesempatan mahasiswa Meksiko yang belajar di Indonesia dan mahasiswa Indonesia yang belajar di Meksiko.

"Dengan semakin terbukanya kesempatan belajar di masing-masing negara, akan terwujud saling pengertian di antara masyarakat Meksiko dan Indonesia, sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk kedua negara," papar Dubes Cheppy, demikian dikutip laman Kemlu RI.

Sementara Dubes Armando Alvarez dalam sambutannya menekankan, Meksiko mempunyai kualitas sistem pendidikan yg bagus dan terus berkembang setiap tahunnya.

Sementara itu, Mtra Yoani mengharapkan, kerja sama pendidikan dengan Indonesia, khususnya dengan Universitas Telkom hendaknya tidak terbatas hanya melalui perjanjian kerjasama ini saja, dan bisa semakin dikembangkannya kerjasama pendidikan dalam bentuk yang lain.

Sedangkan, Prof Dr Adiwijaya yakin kedua universitas yaitu Universitas Anahuac Oaxaca dan Universitas Telkom merupakan dua universitas yang memiliki keunggulan dan yakin bahwa kerja sama pendidikan ke depan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi semua pihak. Dia juga yakin bahwa akan banyak potensi yang bisa digali ke depan bagi kedua pihak.

Situasi pandemi yang telah berjalan hampir 2 tahun ini tidak menyurutkan kedua universitas untuk saling meningkatkan kualitasnya melalui kerjasama pendidikan. Pembahasan kerja sama pendidikan antara Universidad Anahuac Oaxaca dan Telkom University ini telah dibahas sejak awal tahun 2021.

Editor: Gokli