Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkades di Karimun, 5 Desa Diikuti Mantan Kades dan 3 Desa Wajah Baru
Oleh : Freddy
Kamis | 21-10-2021 | 18:55 WIB
Pangke-Barat.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Calon Kades di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 8 desa di Kabupaten Karimun menggelar pemilihan kepada desa (Pilkades), Kamis (21/10/2021). Pilkades itu berjalan lancar dan aman.

Adapun 8 desa yang menggelar Pilkades, masing-masing Desa Parit - Kecamatan Karimun, Desa Pongkar - Kecamatan Tebing, Desa Pangke Barat - Kecamatan Meral Barat, Desa Tanjung Hutan - Kecamatan Buru, Desa Sugi dan Desa Tanjung Pelanduk - Kecamatan Moro serta Desa Telaga Tujuh dan Desa Tanjung Kilang - Kecamatan Durai.

Dari pemilihan di 8 desa tersebut, 5 mantan Kades kembali mencalonkan diri, yakni di Desa Parit, Desa Pongkar, Desa Tanjung Kilang, Desa Telaga Tujuh dan Desa Sugi.

Informasi yang diterima BATAMTODAY.COM, dari 5 desa yang diikuti mantan Kades, hanya 3 orang yang kembali terpilih, yakni Desa Sugi - Kecamatan Moro, Desa Tanjung Kilang - Kecamatan Durai dan Desa Pongkar, sedangkan 2 orang lainnya yakni di Desa Parit - Kecamatan Karimun dan Desa Telaga Tujuh - Kecamatan Durai, petahana tumbang dari pesaingnya.

Selain itu, di 3 desa lainnya yakni Desa Pangke Barat - Kecamatan Meral Barat, Desa Tanjung Pelanduk - Kecamatan Moro dan Desa Tanjung Hutan - Kecamatan Buru, seluruh calon Kades merupakan wajah-wajah baru.

Sementara yang cukup menarik Pilkades di Desa Sugi - Kecamatan Moro, Rafiq salah satu calon Kades yang ikut berkompetisi bersama Djuniman dan Jasriadi terpaksa harus mengakui keunggulan Mawasi yang merupakan mantan Kades Sugi.

Demikian halnya dengan mantan Kades Parit, Basri Muhammad yang kembali ikut mencalonkan diri bersama Fahrulazi, M Arif, Sudirman, harus mengakui keunggulan Rezli alias Jeli yang merupakan wajah baru dalam Pilkades Parit.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Karimun, Suwedi mengatakan, dari 42 desa di Kabupaten Karimun, hanya 8 desa yang menggelar Pilkades di tahun 2021 dan 29 desa lainnya direncanakan digelar pada 2022.

"Terkait hasil Pilkades yang dilaksanakan di 8 desa tersebut, sekarang masih proses perhitungan dan kemungkinan besok, Jumat (22/10/2021) baru diplenokan," tutup Suwedi.

Editor: Gokli