Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati 40 Tahun Kerjasama TNI AU-RSAF

Pesawat Tempur F-16 TNI-AU dan F-16 Royal Singapura Terbang Bersama di Langit Barelang
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 12-10-2021 | 11:50 WIB
manuver-pesawat-tempur1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 Royal Singapura terbang bersama (Combined Flypas) melintasi Jembatan Barelang Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka AMX Latma Elang Indopura XX/2021 dan perayaan 40 Tahun Anniversary hubungan bilateral antara TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Angkatan Udara Singapura (Republic of Singapore Air Force - RSAF), pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-16 Royal Singapura terbang bersama (combined flypast).

Sembilan pesawat tempur jenis F-16 dari kedua angkatan udara terbang bersama dan mengudara di langit Jembatan 1 Barelang, Kota Batam, Selasa (12/10/2021) pukul 11.00 WIB.

Pesawat tempur itu melintas dari arah Selatan menuju Utara atau berangkat bersama dari Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru. Pesawat tempur kedua negara membuat satu formasi dasar anak panah.

"Hanya 5-8 detik melintas di Jembatan 1 Barelang, salah satu ikon di Kepualauan Riau. Kegiatan ini dalam rangka AMX Latma Elang Indopura XX/2021 dan perayaan 40 tahun Anniversary hubungan bilateral antara TNI AU - RSAF," ujar Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, S.A.P.

Pesawat tempur F-16 kedua negara terlihat dua kali melintas dan melakukan manuver di Jembatan 1 Barelang dengan ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Kegiatan ini sekaligus sebagai simbol dukungan dua angkatan udara kepada kedua pemerintahan, baik RI maupun Singapura. Kegiatan ini diharapkan akan lebih memperkuat hubungan kedua angkatan udara khususnya dan hubungan bilateral kedua negara di masa depan.

"Combined Flypas di salah satu ikon di Indonesia, Kepulauan Riau, sebagai bentuk hadirnya TNI Angkatan Udara untuk pengamanan Selat Malaka dalam hitungan menit bisa tercober," tutupnya.

Selanjutnya sembilan pesawat tempur kedua negara langsung, kembali ke Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru.

Editor: Yudha