Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambang Nusa, Satpolairud Polres Karimun Kunjungi Warga Pulau Karimun Anak
Oleh : Freddy
Minggu | 26-09-2021 | 17:32 WIB
Iptu_samosir_karimunb.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir bagikan paket sembako kepada warga di pulau terluar Karimun Anak (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun melakukan kunjungan ke Pulau Karimun Anak dalam rangka melaksanakan kegiatan Sambang Nusa ke masyarakat di pulau terluar Indonsesia, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan itu bertujuan untuk menjalin silahturahmi dengan 13 Kepala keluarga (KK) yang mendiami pulau terluar Indonesia itu, sekaligus memastikan kondisi keamanan pulau terluar NKRI dalam keadaan aman dan kondusif.

"Hari ini kami berkunjung ke Pulau Karimun Anak yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Kami ingin memastikan kondisi saudara-saudara di sini dalam keadaan baik serta keamanannya juga kondusif;" kata Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir.

Ia mengatakan, tugas Satpolairud sebagai penegak hukum adalah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, terkhusus lagi bagi warga yang tinggal di pulau-pulau terluar Indonesia.

"Karena tugas dan tanggung jawab serta kewenangan Satpolairud adalah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," kata Binsar Samosir.

Binsar mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan kunjungan ke pulau-pulau terluar dan menjalin hubungan yang baik bersama masyarakat yang telah berpuluh tahun menetap di Pulau Karimun Anak tersebut.

"Kami selalu berkoordinasi melalui tatap muka maupun via ponsel. Sehingga, apabila terjadi permasalahan, masyarakat akan segera berkoordinasi dengan kami dan selanjutnya cepat mengambil tindakan," kata Binsar Samosir

Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menetap di pulau terluar tersebut dan bersama-sama menjaga wilayah teritorial Indonesia.

"Tentunya dengan keberadaan mereka di sini sangat membantu kami dalam melakukan tugas pengawasan. Sehingga, memang sudah seharusnya kita terus menjalin hubungan bersama mereka untuk sama-sama menjaga wilayah perbatasan NKRI," tutup Binsar.

Editor: Surya