Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gali Sumber Daya dan Pencegahan Dini, TNI AL Tarempa Maksimalkan Tarpuanter
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 02-08-2021 | 14:23 WIB
A-DANLANAL-TAREMPA.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Danlanal Tarempa mengikuti Upacara Penyematan Tarpuanter. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa menerima tanda Penataran Peningkatan Kemampuan Teritorial (Tarpuanter) dari KASAL melalui Lantamal.

Dengan tujuan penggalangan dan menggali potensi masyarakat di wilayah dan sesuai matranya masing-masing, dengan harapan dapat memberdayakaan potensi masyarakat.

"Saya akan memaksimalkan kemampuan saya dan personil dalam menjalankan amanah ini. Dalam hal ini Lanal Tarempa berada di tengah masyarakat Maritim, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di wilayahnya serta yang tidak kalah pentingnya adalah mereka dapat menjadi mata dan telinga satuan utuk melaporkan secara cepat setiap kejadian menonjol dan ditindak lanjuti sebagai langkah atau aksi deteksi dini dan cegah dini setiap aspek kerawanan dari AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) baik yang datang dari dalam maupun dari luar, hal ini sangat penting, khususnya Lanal Tarempa yang mana merupakan salah satu Lanal yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara lain," papar Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, Senin (2/8/2021).

Kegiatan Tarpuanter bertemakan 'Optimalisasi Kemampuan Teritorial Aparat Komando Wilayah (APKOWIL) TNI AL DAN TNI AU' itu digelar dalam rangka pelaksanaan tugas di Wilayah Bersama Intansi Terkait.

Komandan Satuan yang berdinas di Wilayah Koarmada 2 dan 3 dipusatkan di Lantamal V Surabaya, sedangkan untuk Para Dansat yg berdinas di Wilayah Koarmada I dipusatkan di Belawan, tepatnya di Mako Lantamal I dan diikuti oleh seluruh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) jajaran Koarmada I.

Pelaksanaan Tarpuanter Danlanal jajaran Koarmada I, dilaksanakan pada tanggal 01 s.d 07 Agustus di Lantamal I Belawan berdasarkan perintah Bapak Kepala Staf TNI Ankatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. No. 003/SPOT/0721. TWU. 0710.1350.

Merujuk Surat Telegram Bapak Panglima TNI No. ST/727/2021 tanggal 07 Juli 2021 tentang Penyelenggaraan kegiatan Penataran Peningkatan Kemampuan Teritorial (Tarpuanter) Komandan Satuan (Dansat) TNI AL dan TNI AU TA. 2021.

Editor: Dardani