Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan TKA di Karimun Isolasi Mandiri di Basecamp Perusahaan
Oleh : Freddy
Jum\'at | 30-07-2021 | 19:16 WIB
tka-karimun-soman.jpg Honda-Batam
Jubir Satgas Covid-19 Karimun, Rachmadi. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Penyebaran virus corona di Kabupaten Karimun, tak hanya menyasar masyarakat setempat, bahkan juga menjangkiti para tenaga kerja asing (TKA) yang ada di sejumlah perusahaan.

Berdasarkan infografis Covid-19 Karimun pada Jumat (30/7/2021), terdata puluhan TKA berbagai negara yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Seperti halnya TKA di PT Saipem, mereka menjalani isolasi mandiri di dua basecamp perusahaan, yakni Basecamp Saipem dan Basecamp Bati. Selain itu, ada juga TKA asal China yang isoman di Grace Marine.

Jubir Satgas Covid-19 Karimun, Rachmadi menyampaikan, banyaknya ekspateriat yang menjalani isolasi mandiri, setelah tim surveilans Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan terhadap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Maka, didapatkan sejumlah pekerja asing yang sebelumnya tanpa ada tanda-tanda gejala ternyata mereka positif Covid-19.

"Contohnya di Basecamp Bati. Dari 1 atau 2 orang yang terpapar Covid-19, selanjutnya dilakukan screnning ke semuanya termasuk yang masih sehat dan ternyata hasilnya banyak yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan mereka harus jalani isolasi mandiri di Basecamp Bati tersebut," jelas Rachmadi.

Rachmadi menambahkan, jika tim surveilans mampu melakukan screening secara maksimal, baik kepada pekerja asing maupun masyarakat Karimun, dimungkinkan akan ada lagi yang terjaring. "Tetapi hal ini tak mungkin bisa dilakukan," ujarnya.

Editor: Gokli