Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BINDA Kepri Vaksinisasi Ribuan Pelajar di Kota Batam
Oleh : Putra Gema
Jum\'at | 23-07-2021 | 18:28 WIB
ansar-Binda.jpg Honda-Batam
Vaksinasi massal pelajar Kota Batam di di Maha Vihara Duta Maitreya, Batam Centre, Jumat (23/7/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 4.784 orang pelajar di Kota Batam akan disuntik vaksin Covid-19 di Maha Vihara Duta Maitreya, Batam Centre.

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dilakukan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kepri itu akan berlangsung selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu (23-24/7/2021).

Sejumlah daerah di Kepri juga akan dilakukan hal serupa, agar vaksinasi bagi remaja dapat merata, khususnya Kepri. Vaksinasi bagi pelajar tersebut juga atas instruksi Presiden RI Joko Widodo, untuk melakukan percepatan agar sekolah tatap muka dapat segera dilakukan.

"Kegiatan ini bagian dari vaksinasi untuk anak usia 12 hingga 17 tahun, sesuai dengan instruksi Bapak Presiden," kata Kabinda Kepri, Brigjen Pol Dr Riza Celvian Gumay, Jumat (23/7/2021).

Vaksinasi pelajar tersebut, tujuannya adalah untuk mempercepat capaian vaksinasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat bagi para pelajar, khususnya pelajar di Kepri.

Adapun pencanangan vaksinasi bagi pelajar atau remaja usia 12-17 tahun ini sudah dilakukan langsung Gubernur di Kabupaten Natuna pada 6 Juli 2021 lalu. "Tujuan vaksinasi untuk membentuk imunitas kolektive. Sehingga, adek-adek pelajar dapat dengan cepat untuk bersekolah tatap muka," ujarnya.

Sementara Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, memberikan apresiasi kepada BINDA Kepri yang telah mengggelar vaksinasi untuk pelajar se-Kota Batam. "Atas nama Pemerintah Provinsi Kepri, dalam kesempatan ini memberikan apresiasi atas dilakukannya vaksinasi bagi pelajar di Kota Batam," kata Ansar.

Vaksinasi ini juga merupakan upaya memutus mata rantai virus corona, sekaligus untuk menjamin agar pandemi tidak menyebar di kalangan anak-anak dikemudian hari. "Sehingga bisa belajar tatap muka seperti sediakala, karena sekolah daring itu tidak efektif," ujarnya.

Gubernur Ansar juga berterimakasih kepada TNI - Polri, Pemerintah Kabupaten/Kota serta seluruh stakeholder dan masyarakat yang sudah mensukseskan proses vaksinasi di Kepri.

"Alhamdulillah vaksinasi di Kepri dinilai baik. Kita ketiga terbaik setelah Bali dan DKI. Di luar Jawa dan Bali kita posisi pertama," ungkapnya.

Berdasarkan data, jumlah remaja di Kepri dengan batas usia 12-17 tahun sebanyak 205.663 dan jumlah yang sudah divaksin sebanyak 65.703 atau 31,64 persennya semenjak dicanangkan di Natuna.

Sedangkan khusus untuk Kota Batam saja, jumlah remaja sasaran vaksin adalah 117.866 dengan capaian yang sudah di vaksin 28 persen. Kemudian, Pemprov Kepri juga terus mendesak pusat untuk segera mengirim vaksin ke Kepri untuk memenuhi vaksin yang dibutuhkan.

"Kita beri pemahaman kepada pusat bahwa Kepri ini terdepan posisinya. Sehingga masyarakatnya harus diutamakan dalam mendapatkan imunitas tubuhnya dengan divaksin," tutupnya.

Editor: Gokli