Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seorang Nakes RSUD Batam Meninggal Dunia Akibat Covid-19
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 22-07-2021 | 12:05 WIB
nakes-rsud-batam1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Papan bunga meninggalnya tenaga kesehatan RSUD Embung Fatimah Kota Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabar duka datang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah (RSUD), Kamis (22/7/2021). Seorang perawat (nakes) yang mengurus pasien Covid-19 gugur dalam bertugas.

Nakes bernama Agustar (39) itu meninggal usai menjalankan perawatan secara intensif hampir sepekan di rumah sakit RSUD-EF akibat terpapar Covid-19. Agustar meninggal pada Rabu (21/7/2021). Pahlawan kesehatan ini pun telah dimakamkan sesuai protab penanganan jenazah korban Covid-19 di TPU Sei Temiang Batam.

 

Meninggalnya Agustar menjadi kali pertama Nakes RSUD-EF yang gugur akibat Covid-19. Di depan pintu masuk kawasan RSUD-EF terpajang sejumlah karangan bunga sebagai bentuk berbelasungkawa dari bernagai elemen masyarakat di Batam.

'Selamat Jalan Pejuang RSUD Embung Fatimah, Agustar, AMK'. Isi tulisan di papan bunga tersebut.

Wadir Pelayanan Medik RSUD Embung Fatimah Batam, Sri Rupiati saat dikonfirmasi mengakui kehilangan salah satu nakes pejuang Covid-19. Dia yang mewakili nakes dan manajemen RSUD turut berbelasungkawa dan sangat berduka atas kepergian pejuang melawan Covid-19 di RSUD tersebut.

"Semalam meninggalnya. Dia positif karena memang selama ini menangani pasien Covid-19. Kami sangat berduka, dia pejuang (menangani pasien Covid-19) di rumah sakit ini," ujar Sri.

Dengan kepergian salah satu nakes tersebut, Sri berharap agar masyarakat kembali sadar dan taat akan aturan protokol kesehatan yang ada. Dengan menjalankan protokol kesehatan tentu membantu petugas medis untuk terhindar dari paparan Covid-19.

Semakin taat mengikuti aturan protokol kesehatan tentu semakin sedikit yang terpapar sehingga mengurangi risiko terpaparnya tenaga medis.

"Marilah kita tingkatkan lagi keamanan diri dengan mentaati aturan protokol kesehatan yang ada. Cuci tangan, jaga jarak, pakai masker dan hindari lokasi Keramaian," imbau Sri.

Saat ini petugas medis RSUD yang masih menjalani perawatan medis karena Covid-19 masih ada sekitar 15 orang. Sementara pasien Covid-19 dari masyarakat umum lainnya berjumlah 127 orang. Total pasien Covid-19 di RSUD-EF sekitar 132 orang.

Editor: Saibansah Dardani