Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Rusunawa Tembesi Gelar Shalat Idul Adha di Tanah Lapang
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 20-07-2021 | 14:36 WIB
A-SHOLAT-ID-RUNAWA.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Khotib sedang menyampaikan khotbah Idul Adha di Rusunawa Pemko Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di tengah pandemi Covid-19, warga Rusunawa Pemko Batam, Tembesi Batam tetap merayakan Idul Adha 1442 Hijriyah dengan menggelar Shalat Idul Adha di lapangan Volly di depan kompleks Rusunawa.

Ketua RT 04 / RW 05 Rusunawa, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Tembesi, Tosa mengatakan, pelaksanaan shalat Id tahun ini masih dalam situasi pandemi. Sehingga warga menjalankan ibadah sesuai protokol kesehatan (Prokes) yang dianjurkan pemerintah.

"Pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini dilakukan di lapangan volly. Walaupun dilakukan di tempat terbuka, namun semua jamaah tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Tosa, Selasa (20/7/2021).

Tosa melanjutkan, shalat Idul Adha berjemaah yang dilaksanakan di kompleks Rusunawa ini merupakan yang kedua kalinya selama masa pandemi.

Masih kata Tosa, pelaksanaan dilakukan di lingkungan Rusunawa supaya jamaah tidak terkonsentrasi di satu tempat sehingga dapat mengurangi potensi kerumunan.

Selain itu, lanjutnya, seluruh jemaah diwajibkan membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak serta memakai masker, bahkan disediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Tujuan pelaksanaan Shalat Id Idul Adha dilingkungan Rusunawa supaya tempat Shalat bisa tersebar, sehingga tidak terjadi kerumunan dan protokol kesehatannya lebih terkontrol," ungkapnya.

Walaupun tengah dilanda wabah Corona atau Covid-19, Tosa berharap momentum Idul Adha tahun ini dapat memupuk persatuan dan kesatuan bagi seluruh umat beragama tanpa terkecuali.

"Walau kita tidak melakukan penyembelihan hewan Qurban, momentum Idul Adha tahun ini dapat memupuk persatuan dan kesatuan bagi seluruh umat beragama serta wabah corona yang tengah melanda segera berakhir," pungkasnya.

Editor: Dardani