Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Rutan dan Lapas Barelang Batam Tetap Laksanakan Shalat Idul Adha
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 19-07-2021 | 14:04 WIB
BTD-Rutan-Lapas-19Juli2021.jpg Honda-Batam
Kepala Pengamanan Rutan Batam, Ismail. (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun warga Batam dilarang untuk melaksanakan sholat Idul Adha di masjid, namun tidak demikian halnya dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Batam dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA, Barelang, Batam.

Di sini, rencananya tetap akan dilaksanakan shalat Idul Adha pada Selasa (20/07/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Demikian ungkap Kepala Pengamanan Rutan Batam, Ismail. Pelaksanaan shalat akan mengikuti anjuran pemerintah di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Untuk menghindari penyebaran Covid-19, kita tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat,” kata Ismail.

Salah satunya, shalat Idul Adha nanti khusus untuk warga binaan dan para pegawai yang bertugas. Bahkan untuk Imam dan Khotib shalat Idul Adha nanti Rutan dan Lapas Batam tidak akan mengundang orang luar.

"Rencana untuk warga binaan aja. Khotib dan imam kita gunakan orang dalam," kata Kalapas Dannie Firmansyah, Senin (19/7/2021).

Bahkan, yang menjadi petugas penyembelih hewan qurban juga diberdayakan orang dalam.

"Insa Allah besok kita lakukan serangkaian ibadah Idul Adha dengan prokes. Semua kita lakukan sendiri," tegasnya.

Idul Adha tahun ini, di Rutan Batam akan dipotong 5 ekor hewan qurban kambing dan 2 ekor sapi. Hewan qurban ini nantinya akan dibagikan kepada pegawai dan seluruh warga binaan atau tahanan.

Editor: Dardani