Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serbuan Vaksinasi Covid-19, Lanal Tarempa Kerahkan Seluruh Kemampuan Jangkau Wilayah Terpencil
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 19-07-2021 | 12:38 WIB
sosialisasi-vaksinasi1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komandan Pangkalan TNI AL ( Lanal ) Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardianto Yusuf, mengerahkan segala kemampuannya dan bertekad akan merambah pulau-pulau dan desa-desa terpencil di Kepulauan Anambas yang aksesnya sangat sulit terjangkau. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus dilalui demi mensukseskan program vaksinasi.

Bahkan, Danlanal Tarempa sempat bernyanyi "Bila Layar Telah Berkembang, Pelaut Pantang Berbalik Haluan", bait lagu yang sering dinyanyikan prajurit TNI AL untuk membangkitkan semangat, ternyata tidak semata hanya bermakna secara harafiah, namun setidaknya falsafah dan kiasan tersebut dapat diambil maknanya dan diaplikasikan dalam bentuk lain yang lebih dalam.

"Saya ingin menyampaikan bahwa vaksin ini aman, halal dan vaksin ini baik, tidak perlu ragu, ajak saudara, tetangga, anak dan seluruh masyarakat sekitar yang belum melaksanakan vaksinasi agar mengikuti vaksinasi karena vaksinasi sangat kita butuhkan khususnya di masa pandemi ini," seru Danlanal, Senin (19/7/2021).

Danlanal Tarempa juga berharap masyarakat Kepulauan Anambas lebih antusias dalam mengikuti vaksinasi sehingga diharapkan dapat segera memutus dan mencegah berkembangnya covid-19 di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas serta menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas kembali ke Zona Hijau. TNI Angkatan Laut di wilayah Kepulauan Anambas dalam hal ini Lanal Tarempa akan terus mendukung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di wilayah Kepulauan Anambas hingga tuntas.

Dalam pelaksanaan acara tersebut terdapat 1 warga yang datang namun tidak mengikuti Vaksin, ketika Danlanal Tarempa menghampiri dan menanyakan apakah sudah Vaksin dijawabnya bahwa warga tersebut takut akan Jarum Suntik.

Danlanal Tarempa memberikan pengertian akan amannya Vaksinasi dan tidak terasa sakit kemudian memerintahkan Tenaga Kesehatan Lanal Tarempa untuk memberikan suntikan vaksinasi dengan cara yang sekiranya sipenerima suntikan tidak sadar bahwa sudah disuntik, akhirnya warga tersebut selesai mengikuti suntik vaksin dengan senang dan mengaku sudah tidak takut lagi dengan Suntik Vaksin.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di desa KBN. Batu Belah kecamatan Siantan Timur kali ini diikuti oleh 122 orang warga yang mendaftar dan berhasil divaksin dosis 1 sebanyak 112 orang, ditunda vaksin karena alasan kesehatan sebanyak 10 orang, kegiatan didukung oleh tenaga kesehatan sebanyak 16 orang, terdiri dari 12 orang dari Puskesmas Siantan Timur dan 4 Personel kesehatan Lanal Tarempa dan Peraonel pendukung lainnya.

Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di Kampung Bahari Nusantara Desa Batu Belah ini sudah diprogramkan oleh Komandan Pangkalan TNI AL Tarempa ( Lanal Tarempa ) dan setiap kegiatan vaksinasi selalu dihadiri dan diikuti oleh Danlanal Tarempa, hadir dalam kegiatan kali ini diantatanya Danramil 02 Tarempa, Kapolsek Siantan, Kasatpolair Polres Anambas, Kepala Desa Batu Belah, anggota kepolisian dan Koramil 02 Tarempa, Babinpotmar dan prajurit Lanal Tarempa.

Editor: Yudha