Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Tanpa Aplikasi
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-07-2021 | 10:28 WIB
sertifikat-vaksin1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi sertifikat vaksin.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Warga bisa memperoleh kembali data sertifikat vaksin Covid-19 yang hilang dengan men-download dari tautan SMS dan situs Peduli Lindungi tanpa menggunakan aplikasi.

Caranya dengan mengunduh sertifikat digital melalui situs Pedulilindungi.id.

Sertifikat vaksin merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini dapat menunjukkan apakah seseorang belum di vaksin, sudah mendapat suntikan pertama, atau sudah selesai semua tahap vaksinasi hingga suntikan kedua.

Baik vaksin yang Anda gunakan Sinovac, AstraZeneca, atau Sinopharm, ketiganya pasti akan disertai sertifikat usai divaksin. Selain menjadi tanda bukti vaksinasi, pada sertifikat juga tertera keterangan nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, disertai kode QR.

Sertifikat vaksin berisi sejumlah data pribadi sensitif seperti nomor NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Sehingga, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau masyarakat yang telah menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua untuk melindungi data pribadi dengan tidak menyebarluaskan sertifikat digital tersebut.

Berikut tata cara untuk memperoleh sertifikat tanpa aplikasi:

1. Lewat SMS
Untuk melakukan download sertifikat vaksin Covid-19 lewat SMS usai vaksinasi, pengguna biasanya mendapat SMS berisi tautan ke sertifikat vaksin yang ada di laman pedulilindungi. Jika sudah selesai melakukan vaksinasi Covid-19, pengguna akan mendapatkan SMS itu. Apabila, masyarakat sudah vaksinasi sebanyak dua kali, Anda akan mendapat dua SMS.

Covid-19 Untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19, klik tautan yang ada pada SMS untuk memunculkan sertifikat. Berikut cara mengunduh dan mencetak sertifikat:

- Pilih menu berupa titik tiga di kanan atas smartphone pada peramban Chrome, tekan tombol tanda panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan huruf i. Selanjutnya file png pun akan terunduh, klik open untuk membuka file.

- Selain dengan cara diunduh, ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan cara menyimpan sertifikat vaksinasi dengan cara menangkp layar (screenshot).

- Untuk mencetak sertifikat, datap klik menu, lalu pilih Share pada bagian dropdown menu, lantas pilih print pada kotak pilihan lain yang muncul.

2. Lewat website Pedulilindungi
Selain lewat SMS, sertifikat vaksin online juga bisa didapat lewat situs web resmi PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id/

Agar mendapat menampilkan sertifikat vaksin di situs ini, masyarakat harus login terlebih dulu. Karena, apabila Anda langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, maka data yang ditampilkan tidak akurat.

Sebagai contoh, apabila masyarakat hanya terlulis sudah melakukan satu kali vaksin, padahal sudah selesai dua kali. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

Login sebaiknya menggunakan nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar vaksin, atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi.

Setelah itu masukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor ponsel. Apabila Anda salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

- Pilih Login/ Register di sudut kanan atas situs.
- Apabila sudah memiliki akun, pilih Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun Di situs PeduliLindungi.
- Lebih lanjut masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
- Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas - Setelah itu Anda dapat pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu "Sertifikat Vaksin", lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.
- Cara download sertifikat vaksin tersebut dengan klik "Unduh Sertifikat" Untuk mencetak file unduhan yang ada di Galeri ponsel.
- Selain itu Anda bisa dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer.

Itulah cara cara download Sertifikat Vaksin covid-19. Anda dapat melakukan ketiga hal itu baik lewat PC maupun lewat ponsel pintar. Kini, sertifikat vaksin digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, disaat adanya PPKM.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha