Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa DKV Wajib Tahu, Ini 6 Aplikasi Kompres Video Terbaik di Android
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-07-2021 | 09:09 WIB
ITEBA1.jpg Honda-Batam
Aplikasi Kompres Video Terbaik di Android. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kamu mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) yang sedang mencari aplikasi kompres video? Berikut beberapa rekomendasi terbaik yang bisa kamu gunakan.

Konten video kini menjadi bagian penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Oleh karena itu, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) perlu mengeksplorasi lebih jauh tentang konten video. Tak hanya dalam proses pembuatannya, kamu juga perlu memahami proses pengunggahannya. Hal yang sering terjadi saat pengunggahan video adalah ukuran file yang terlalu besar.

Untuk me-resize atau mengkompres ukuran video, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini enam aplikasi kompres video yang bisa membantu kamu dalam proses produksi, yang dirangkum dalam ulasan berikut dari Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau. Simak yuk!

1. Video Transcoder
Video Transcoder adalah aplikasi untuk kompres video yang menggunakan program open source FFmpeg untuk mentranskode file video dari satu format ke format lainnya. Jika ingin mengkompres ukuran video di Android, tapi tak ingin melihat banyak iklan, kamu bisa mencoba aplikasi ini.

2. Smart Video Compressor and Resizer
Dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd., aplikasi kompres video ini gratis dan bisa digunakan dengan cepat dan sederhana. Kamu bisa mengurangi ukuran file lebih dari 70% sampai 80%. Video yang bisa dikompresi adalah file 720p, VGA, dan video berkualitas rendah.

3. Video Dieter 2
Video Dieter 2 adalah aplikasi untuk Android yang berukuran cukup ringan. Selain mendukung penyuntingan foto, aplikasi ini juga mendukung konversi konten 4K. Kamu bisa memberikan filter pada fotomu. Tak berbeda dari aplikasi kompres video lainnya, aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk kualitas video, seperti rendah, sedang, dan tinggi.

4. VidCompact
Aplikasi video ini diproduksi oleh pembuat aplikasi editor VideoShow dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, seperti pemangkasan video, dan kompresi video. Kamu bisa memilih fitur trim dan compress untuk menentukan ukuran video. Aplikasi ini gratis dan tidak ada fitur berbayar.

5. Video Compressor & Editor
Video Compressor & Editor adalah aplikasi untuk mengkompres file video dengan kualitas terbaik. Video bisa dipotong, dipangkas, dipisah, digabung, dan dirotasi sesuai kebutuhan. Kamu bisa mengompres satu file atau beberapa file dengan menggunakan aplikasi ini. Ada beberapa pilihan resolusi yang tersedia untuk file H264 dan HEVC.

6. Any Video Converter for Android
Aplikasi konversi video terpopuler adalah Any Video Converter. Aplikasi ini membantu kamu mengkompres video dengan mudah. Kamu hanya perlu melakukan drop dan drag file yang ingin dikompres, pilih parameter kompresi, dan jalankan.

Aplikasi ini bisa mengkonversi video ke beragam format, terutama untuk unggah konten di YouTube. Dengan versi gratis, aplikasi ini memberi pengguna fungsionalitas untuk menempatkan 100+ format video dan mengubahnya menjadi 160+ format video dengan kualitas lossless 100%.

Itulah enam rekomendasi aplikasi kompres video yang bisa kamu pilih. Pastikan aplikasi tersebut dapat memudahkanmu dalam produksi video dan hindari aplikasi yang akan membuat kapasitas penyimpanan ponselmu cepat habis.

Kamu mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan di bidang DKV? Institut Teknologi Batam (ITEBA) jurusan DKV bisa jadi pilihanmu, kunjungi situs ITEBA pada https://iteba.ac.id dan ketahui lebih jauh tentang #ImproveOurCompetence.

Editor: Yudha