Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Politeknik Negeri Batam Juara I KMIPN ke-3 Tahun 2021
Oleh : Hadli
Jumat | 02-07-2021 | 18:08 WIB
KMIPN-3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mahasiswa Politeknik Negeri Batam yang ikuti bertanding pada KMIPN ke-3 tahun 2021 di Politeknik Negeri Malang pada 22-24 Juni lalu secara daring. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mahasiswa Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kembali mengukir prestasi melalui Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-3 tahun 2021.

Direktur Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Uuf Brajawidagda, mengatakan, perlombaan itu digelar di Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada 22-24 Juni 2021 secara daring.

"Mahasiswa kita meraih juara I KMIPN kategori Game Development, Juara II KMIPN kategori Animasi, dan Juara II KMIPN kategori Keamanan Jaringan. Pada KMIPN I dan II, Polibatam belum mendapat prestasi besar seperti sekarang. Tapi untuk ukuran nasional, raihan Polibatam sangat di luar dugaan," kata Uuf, belum lama ini.

Ia mengatakan, dalam rangka penguatan IPTEK, Polibatam telah meraih berbagai prestasi nasional maupun internasional. Pada kompetisi robot, tiap tahun Polibatam meraih prestasi nasional dan internasional.

"Melalui kebijakan dan prestasi ini, Polibatam sangat konsen untuk mengembangkan pendidikan yang tidak hanya mengutamakan kompetensi teknis tapi juga karakter termasuk berupaya membangun keseimbangan pembangunan Imtaq dan Iptek pada mahasiswa dan lulusan," tutur Uuf.

Ia menambahkan, KMIPN merupakan event tahunan terbesar dan bergengsi di dunia vokasi Indonesia, tahun ini bertema Membangun SDM Unggul Melalui Inovasi dan Kreativitas di Bidang Informatika.

KMIPN 2021 ini terdiri dari perlombaan di bidang TIK yang akan memunculkan inovasi-inovasi terbaru dari para mahasiswa Politeknik. Antusias mahasiswa, kata dia, sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan KMIPN 2021 hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta sebanyak 1533 mahasiswa dari 27 Politeknik se-Indoensia baik negeri maupun swasta.

Ada 501 tim yang berpartispasi dengan 8 kategori yaitu IoT, Game development, keamanan jaringan, animasi, hackathon, ebusiness, cipta inovasi dan e-government. Kemudian diseleksi sesuai dengan tahapan-masing kategori sehingga dihasilkan 107 tim yang akan lolos babak final.

Politeknik Negeri Batam diwakili oleh 7 finalis dengan kategori Internet of Things sebanyak 2 tim, Keamanan jaringan 2 tim, Game development 1 tim, animasi 1 tim, dan Cipta inovasi 1 tim.

Ketua Jurusan Teknik Informatika Polibatam, Sudra Irawan SPd Si MSc melanjutkan, pada KMIPN ke-3 tahun 2021, Juara I kategori Game Development diperoleh oleh tim Kigames dengan judul game Idle Breeder.

Tim ini, kata dia, beranggotakan mahasiswa Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan yaitu James, Sultan Ilyas Arsalillah dan Steven dengan dosen pembimbing Agung Riyadi SSi MKom.

Juara II kategori Animasi diperoleh oleh tim Holo dengan judul animasi Holo Terra yang beranggotakan mahasiswa prodi Animasi yaitu Timothy Ronaldy, Yogi Ilhami, Muhammad Farabi dengan dosen pembimbing Ahmad Saropi.

Juara II kategori Keamanan Jaringan diperoleh oleh tim Si Spera Vincere yang beranggotakan mahasiswa prodi Rekayasa Keamanan Siber yaitu Jean Tirstan Tambunan, Joy Gilbert Arapenta, dan Josep Lois Castilo Gultom dengan dosen pembimbing Nelmiawati BCS MComp Sc.

Sudra menjelaskan bahwa produk atau karya yang diikutkan dalam lomba KMIPN ini merupakan hasil perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan metode Project/ Product/ Problem Based Learning (PBL).

"Jadi Polibatam mengintegrasikan berbagai aktivitas dosen dan mahasiswa seperti penelitian, perlombaan, pengabdian, dan aktivitas kemahasiswaan lainnya ke dalam pembelajaran atau perkuliahan," ujarnya.

Polibatam sangat konsen mengkolaborasikan kemampuan mahasiswa di bidang Imtaq dan Iptek. Terbukti tahun ini Polibatam menerima Yusni Dliya Alfanisa, mahasiswi baru dari jalur prestasi.

Yusni memiliki prestasi yang membanggakan, yakni mampu menghafalkan Alquran 30 juz dalam kurun waktu kurang lebih 16 bulan.

Editor: Gokli