Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalur Prestasi Imtaq

Hafal Al-Quran 30 Juz Hantarkan Yusni Dliya Alfanisa Masuk Politeknik Negeri Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 29-06-2021 | 19:44 WIB
Yusni-Dliya.jpg Honda-Batam
Yusni Dliya Alfanisa. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Politeknik Negeri Batam konsisten menerima mahasiswa baru dari jalur prestasi dengan mengkolaborasikan kemampuan pada bidang ilmu agama (Imtaq) dan ilmu umum (Iptek).

Direktur Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Uuf Brajawidagda menyebutkan, Polibatam menerima Yusni Dliya Alfanisa, mahasiswi yang menghafal Al-Quran 30 juz dalam kurung waktu menghafal selama 16 bulan.

"Tentu ini membanggakan, karena biasanya yang mampu menghafal Al-Quran adalah berasal dari perguruan tinggi agama. Prestasi ini patut diapresiasi, sehingga yang bersangkutan diterima sebagai mahasiswa baru dari jalur prestasi tahfizh," kata Uuf Brajawidagda, Selasa (29/06/2021).

Yusni Dliya Alfanisa merupakan santri dari Lembaga Rumah Tahfizh Baitul Qur'an Batam yang mulai terdaftar di Polibatam melalui jalur prestasi pada Maret 2021 lalu.

Selain dari jalur prestasi Tahfizt Al-Qur'an, Uuf Brajawidagda juga mengatakan, banyak mahasiswa diterima di Polibatam dari berbagai prestasi, seperti bidang olahraga, seni, budaya, olimpiade, lomba LKS, lomba Pesparawi (lomba keagamaan untuk agama kristen) serta berasal dari prestasi lainnya.

"Sebagai hafiz, Yusni bisa disebut pelopor bidang Imtaq lalu berkolaborasi dengan Iptek. Untuk iptek murni, Polibatam adalah gudangnya ahli robot yang telah berprestasi tingkat nasional dan internasional," jelasnya.

Masih kata Uuf, baru-baru ini, Polibatam juga telah mencetak prestasi gemilang. Prestasi itu diukir melalui Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-3 tahun 2021 yang digelar di Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada 22-24 Juni 2021 lalu secara daring.

Prestasi yang diperoleh yaitu Juara I KMIPN kategori Game Development, Juara II KMIPN kategori Animasi, dan Juara II KMIPN kategori Keamanan Jaringan. Pada KMIPN I dan II, Polibatam belum mendapat prestasi besar seperti sekarang. Tetapi untuk ukuran nasional, raihan Polibatam sangat di luar dugaan.

Sementara Pengurus Rumah Tahfizh Baitul Qur'an Batam, Hj Fatimatuz Zahro saat mendampingi Yusni mengatakan, pihaknya sangat bangga dan yakin Yusni dapat meraih pretasi saat mengkuiti perkuliahan di Polibatam.

"Diterimanya Yusni di Politeknik Negri Batam menjadi catatan emas bagi Rumah Tahfizh Baitul Qur'an Batam," tuturnya.

Editor: Gokli