Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alhamdulilah, Batam Masih Aman dari Corona Varian Delta dan Gamma
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 25-06-2021 | 10:08 WIB
budi-santosa1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BTKLPP Batam Budi Santosa. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hingga saat ini, belum ada warga kota Batam yang terkonfimasi positif virus Corona varian Delta maupun Gamma.

Hal Ini berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium antara BTKLPP Batam dan Litbangkes terhadap sampel pilihan yang sudah dikumpulkan selama ini. Total ada 86 sampel pilihan yang sudah diperiksa namun tidak satupun varian terbaru ditemukan.

"Yang ada baru jenis Alpha atau B117 dan itu baru satu orang yang ditemukan beberapa pekan lalu. Untuk Delta dan Gamma belum ada," ujar Kepala BTKLPP Batam Budi Santosa, Kamis (24/6/2021).

Seperti diketahui varian-varian terbaru dari Covid-19 ini jadi perhatian serius sebab dikuatirkan lebih berbahaya dan lebih cepat menular.

Pemerintah melalui berbagai lembaga atau instansi yang menangani Covid-19 secara serius mengawasi masuknya varian terbaru tersebut. BTKLPP salah satu lembaga yang meneliti sampel-sampel Covid-19 juga berkerja maksimal mengawasi masuknya varian-varian terbaru ini.

Semua sampel Covid-19 diperiksa lagi dan jika ada sampel yang mencurigakan atau menjurus ke gejala Covid-19 varian terbaru langsung dipisahkan untuk diteliti lebih lanjut.

"Sampel-sampel yang kita sortir untuk periksa lebih lanjut ini ada sekitar 497 sampel dan yang sudah diperiksa sebanyak 86 sampel. Sejauh ini masih aman sebab yang terdeteksi non varian semua," pungkas Budi.

Editor: Yudha