Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Atasi Stunting, Ketau TP PKK Kepri Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-06-2021 | 18:32 WIB
dewi-gemar-ikan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua TP PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar saat meresmikan Gerakan Masyarakat Makan Ikan di Posyandu Anggur, Kabupaten Lingga, Kamis (24/6/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Gerakan Masyarakat Makan Ikan yang digagas Dinas Keluatan dan Perikanan Pemprov Kepri, sampena Hari Keluarga Nasional dipusatkan di Posyandu Anggur, Desa Panggak Laut, Kabupaten Lingga pada Kamis (24/6/2021).

Acara ini dihadiri Plh Sekdaprov Kepri, Lamidi, Ketua TP PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar; dan dampingi TP PKK Lingga, Maratusholiha.

Ketua TP PKK Kepri mengatakan, gerakan memasyarakatkan makan ikan adalah program nasional yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Karena, ikan adalah makanan yang banyak kandungan gizinya, dan sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak.

Tak hanya itu, gerakan gemar makan ikan, juga bisa mengurangi masalah stunting pada bayi. Terutama, sejak bayi dalam kandungan. Sehingga, bayi tumbuh kuat dan sehat.

Banyak makan ikan, akan memberikan kesehatan pada tulang dan mata, serta bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Dewi juga berharap para ibu yang masih memiliki anak balita, benar-benar memperhatikan gizi anaknya. Begitu juga dengan ibu hamil, kebutuhan gizi anak, setidaknya harus diperhatikan sejak 1.000 hari pertama kehidupannya.

"Memberikan makanan bergizi pada anak, tidak harus makanan yang mahal. Cukup yang murah tetapi memiliki kandungan gizi yang banyak, yaitu ikan," tegasnya, seperti dikutip laman Diskominfo Kepri.

Sementara itu, Ir Ade Ovita, Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran DKP Kepri menyebutkan, program ini merupakan program Pemerintah Pusat, yang dilaksanakan bersampena Hari Keluarga Nasional.

Untuk di Kepri, sengaja dipusatkan di Kabupaten Lingga. Ada 10 Posyandu yang ikut mensukseskan acara memasyarakatkan gerakan makan ikan hari ini.

"Salah satu menu baru yang saat ini kami kampanyekan, adalah puding ikan tamban. Puding ini kreasi dari ibu-ibu tim penggerak PKK Kabupaten Bintan," pungkasnya.

Editor: Gokli