Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Negara Buka Pariwisata, Jepang Siap Luncurkan Paspor Vaksin
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-06-2021 | 15:20 WIB
A-BANDARA-JEPANG_jpg2.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Bandara di Jepang. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tokyo - Jepang akan meluncurkan paspor vaksin Covid-19 mulai bulan depan, ketika banyak negara di dunia berupaya untuk membuka kembali sektor pariwisata.

Jurubicara pemerintah Katsunobu Kato, Kamis (17/6/2021) mengatakan, paspor tersebut merupakan sertifikat dalam bentuk fisik dan akan dirilis mulai bulan depan.

"Kami sedang mempersiapkan untuk mengeluarkan sertifikat vaksinasi bagi mereka yang membutuhkannya ketika mereka mengunjungi negara asing," ujar Kato, seperti dimuat Channel News Asia.

Menjelang musim panas, Uni Eropa telah mengeluarkan paspor vaksin digital untuk menyambut kembali wisatawan. Paspor tersebut menampilkan informasi mengenai vaksinasi, hasil tes, dan pemulihan.

Bulan lalu, Amerika Serikat (AS) juga mempertimbangkan dokumen khusus bagi warganya yang telah divaksinasi untuk pergi ke luar negeri.

Sementara itu, Jepang sendiri dijadwalkan untuk menggelar Olimpiade Tokyo pada bulan depan. Namun menjelang pesta olahraga tersebut, program vaksinasi di Jepang berjalan relatif lambat.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani