Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Raya Idul Fitri 1442 H

714 Warga Binaan Lapas Batam Dapat Remisi Khusus Lebaran
Oleh : Irwan
Minggu | 16-05-2021 | 12:32 WIB
lapas_batam2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Warga binaan Lapas II Batam (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam menggelar pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H. Gema takbir, tahmid dan tahlil pun dikumandangkan para pegawai dan warga binaan muslim.

Pantauan di lapangan, ribuan warga binaan muslim turut memenuhi Mesjid At-Taubah Lapas Batam dengan menjaga jarak, mengingat tahun 2021 ini Indonesia masih berjuang melawan pandemi Covid-19.

Tepat pukul 07.00 WIB, pelaksanaan shalat Idul Fitri dimulai dengan imam shalat dan khatib adalah Drs. Zulfikri Nasution.

"Selama sebulan kita telah beribadah di Bulan Ramadhan. Melaksanakan Puasa, Shalat Tarawih, Witr, Tadarus dan aktivitas berpahala lainnya. Di bulan Ramadhan kita sudah melakukan banyak perjuangan sehingga di hari ini kita kembali kepada fitrah (suci) seperti bayi yang baru lahir," ujar Zulfikari.

"Alhamdulillah Allah sampaikan umur kita untuk menemui Bulan Syawal 1442 H. Bersyukurlah kita masih bernafas dan merasakan nikmat-nikmat Allah. Bersyukurlah kita telah berpuasa, membaca Quran, berinfaq dan sungguh merugi orang-orang yang lalai," tambahnya.

Para warga binaan nampak khidmat mendengarkan khutbah yang berlangsung sekitar 10 menit tersebut. Usai khatbah dilanjutkan dengan pembagian hadiah pemenang lomba hadiah Gebyar Ramadhan oleh Kalapas Batam.

Di awal sambutannya, Dannie Firmansyah menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan berharap seluruh jajaran dan para warga binaan membuka pintu maaf sebesar-besarnya serta saling memaafkan.

"Saya berharap para warga binaan menjadi orang-orang yang bertaqwa setelah sebulan penuh menjalani puasa di bulan Ramadhan," harap Dannie.

Pada Hari ini juga, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam mengikuti kegiatan Penyerahan Remisi Khusus secara virtual oleh Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau yang dipusatkan di Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang.

Tahun 2021, Lapas Kelas IIA Batam memberikan Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 kepada 714 orang Warga Binaan dengan rincian RK I sebanyak 711 orang dan RK II sebanyak 3 orang. 3 orang Warga Binaan yang memperoleh RK II tidak langsung bebas karena harus menjalani subsider. Per tanggal 13 Mei 2021, Jumlah Narapidana di Lapas Batam sebanyak 1.264 orang dan yang beragama Islam sebanyak 1.097 orang.

Editor: Surya